Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Soroti Kemampuan Militer Asia Tenggara
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 13-02-2012 | 13:28 WIB
Lawrence_Wong_-_Singapore.jpg Honda-Batam

Menteri Pertahanan Singapura, Lawrence Wong. Foto:ChanelnewsAsia.com

SINGAPURA, batamtoday - Menteri Pertahanan Singapura, Lawrence Wong menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif kawasan Asia dan Asia Tenggara seiring dengan peningkatan belanja militer sejumlah negara beberapa tahun terakhir. Membangun kepercayaan dan keyakinan adalah modal utama untuk menghindari ketegangan antar negara.

"Peningkatan belanja militer di sejumlah negara-negara Asia terutama bagian tenggara, semestinya diiringi dengan peningkatan kepercayaan dan keyakinan sehingga ketegangan dapat dihindari," kata Lawrence Wong saat membuka Singapore Airshow 2012, Senin(13/2/2012).

Menurutnya, antara tahun 2001 hingga 2010 belanja militer Asia Tenggara meningkat tajam. Dalam catatan Singapura, belanja militer Asia Tenggara meningkat hingga 70 persen membuat kemampuan negara-negara di semenanjung ini memiliki kekuatan yang luar biasa. 

"Kami berharap kondisi ini mampu membawa negara-negara Asia Tenggara dapat bekerjasama dalam mengatasi kejahatan trans-nasional yang selama ini cukup memperihatinkan," katanya seperti dikutip dari ChanelnewsAsia.com.

Meski demikian, Lawrence tidak menampik, jika dibalik sisi positif peningkatan kemampuan militer, masih menyisakan sisi buruk yang sulit diselesaikan. Potensi kesalahpahaman antar negara juga semakin meningkat. 

"Sisi negatif dari kondisi ini jika tidak dicermati akan membawa gesekan, karena bagaimanapun juga potensi terjadinya kesalahpahaman antar bangsa juga akan meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan militer mereka," tuntasnya.