PKP

Lantik Pengurus Pesakmi Tanjungpinang-Bintan

Nurdin Tekankan Kesehatan Merupakan Kebutuhan Dasar Membangun SDM Indonesia
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-10-2018 | 09:40 WIB
lantik-1.jpg honda-batam
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat melantik pengurus Pesakmi Tanjungpinang-Bintan. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun menegaskan kesehatan merupakan kebutuhan dasar dan menjadi yang sangat terpenting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

"Dengan tubuh yang sehat tentu otak dan prestasi akan meningkat dan hal ini menjadi yang penting bagi keberlanjutan generasi Indonesia," ujar Nurdin saat membuka Seminar Kesehatan Masyarakat dan melantik Pengurus Cabang Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kota Tanjungpinang dan Kabuptaen Bintan Periode 2018-2022 di Auditorium Poltekes Kemenkes RI, Jalan Sei Jang, Tanjungpinang, Rabu (24/10/2018).

Dalam sambutannya, Nurdin mengajak semua pengurus Persakmi untuk tidak lelah mengabdi kepada masyarakat, memberikan ilmu dan pemahaman yang benar di bidang kesehatan dalam upaya menciptakan masyarakat yang sehat.

Terkait seminar, Nurdin meminta kepada para narasumber yang akan melakukan roadshow di Kepri untuk dapat memberikan secara penuh ilmu-ilmu yang dimiliki agar dapat terserap penuh untuk para peserta untuk kemudian diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat.

"Apalagi Kepri dengan demografi yang strategis, salah satu upaya pengokohan sumber daya manusianya adalah pemahaman yang mendalam terkait ilmu-ilmu yang bermanfaat salah satunya di bidang kesehatan," lanjut Nurdin.

Pelantikan sendiri berdasarkan Surat Keputusan nomor: 108a/Kep/PP-PERSAKMI/D/IX/2018 untuk cabang Kota Tanjungpinang dilantik sebagai Ketua yakni HM Abdul Rahman dengan total anggota sebanyak 16 orang.

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan nomor: 108b/Kep/PP-PERSAKMI/D/IX/2018 untuk cabang Kabupaten Bintan dilantik sebagai Ketua yakni Vino Susanto dengan total anggota sebanyak 16 orang.

Sementara itu, Ketua Panitia, Andi Kurniawan melaporkan, kegiatan seminar dan pelantikan merupakan rangkaian roadshow dari Persakmi di 5 kabupaten/kota se-Kepri yang dilaksanakan pada 24-26 Oktober 2018 dengan target peserta sebanyak 800-900 orang. Pelantikan sendiri dilakukan untuk Cabang Kota Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Bintan, Karimun dan Natuna.

"Adapun tujuan digelarnya sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan dari para jajaran Persakmi terkait kesehatan masyarakat," ujar Andi.

Terkait pelantikan sendiri, dilanjutkan Andi, merupakan bentuk untuk memperkuat legalitas Persakmi di kabupaten/kota se-Kepri. "Kami mohon dukungan dari pemerintah agar langkah kami mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat semakin baik lagi," lanjut Andi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Kepri, Raja Ariza; Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul; Sekdako Tanjungpinang, Riono; Ketua Umum Persakmi Prof Dr Ridwan Amiruddin; Sekjen Persakmi, Rahmat Ardiansyah; beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Gokli