Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabah Rotavirus Mulai Merebak di Malaysia
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 13-02-2012 | 11:30 WIB

PERAK, batamtoday - Musim penghujan yang berkepanjangan membuat wabah Rotavirus mulai merebak di sejumlah wilayah termasuk Perak dan Batang Panjang. Dalam dua pekan terakhir tercatat sebanyak 1.730 penderita gangguan diare yang disebabkan Rotavirus telah dibawa ke Rumah Sakit di dua kawasan tersebut.

 

Departemen Kesehatan Perak dalam laporanya menyampaikan, Rotavirus tidak pandang bulu. Mereka menyerang anak-anak dan orang dewasa. Karena itu, perlu tindakan strategis untuk menanggulangi virus yang mulai mewabah ini.

"Meski tidak dilaporkan menyebabkan kematian, namun merebaknya jumlah penderita membuat pemerintah akan mengambil tindakan dalam waktu cepat," kata Dr Mah Hang Soon, salah satu pejabat di Departemen Kesehatan Perak, Senin(13/2/2012). 

Dijelaskan Dr Mah Hang Soon, Rotavirus adalah salah satu virus yang menyebabkan penyakit diare, terutama pada bayi. Rotavirus memiliki diameter tubuh 50-60 nm. Rotavirus menginfeksi selsel dalam vili usus halus dan berkembang biak dalam sitoplasma enterosit dan merusak mekanisme transportnya. Penularannya melalui feses yang mengering dan  disebarkan lewat udara.Gejala  yang timbul jika terserang rotavirus antara lain diare, demam, nyeri perut, dan muntah-muntah, sehingga terjadi dehidrasi.

"Karenanya kami menghimbau seluruh warga agar tetap menjaga kebersihan," katanya.