Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternak Sapi Berkeliaran di Jalan Raya, Satpol PP Baru Sebatas Beri Imbauan
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 23-10-2018 | 15:28 WIB
sapi12.jpg Honda-Batam
Sapi berkeliaran di jalan raya Daik Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Ternak sapi yang berkeliaran di jalan raya Daiklingga telah membuat resah pengguna jalan. Hewan ini berkeliaran bebas tanpa ada pengawasan dari pemiliknya.

Pengendara dan warga setempat pun menjadi terganggu. Selain membahayakan, kehadiran hewan ternak itu juga dapat merusak tanaman di pekarangan rumah.

Menanggapi hal ini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lingga, Said Rudi Fallo melalui Kepala Bidang (Kabid) Penegak Peraturan Daerah (Perda), Febrizal Taufik mengatakan bahwa untuk permasalahan hewan tersebut memang sudah menjadi masalah sebelumnya.

Namun untuk penertiban hewan ternak ini sendiri pihaknya baru sebatas imbauan dan peringatan kepada pemilik ternak.

"Sejauh ini, untuk permasalahan hewan ternak yang kami lakukan baru sebatas imbauan dan peringatan kepada pemiliknya saja. Ke depannya kami akan melakukan tindakan sesuai dengan peraturan daerah," ujar Febrizal.

Sementara bagi hewan ternak liar atau tidak ada pemilik menurut Febrizal bisa dilakukan pelelangan oleh Pemda dengan terlebih dahulu melewati tahapan-tahapannya.

Tetapi lanjut Febrizal, sebelum melakukan tindakan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar tidak terjadi kesalahan prosedur.

"Rencana besok mau rapat musyawarah di Daik terkait hewan ternak. Menunggu Pak Camat pulang dari luar daerah," katanya.

Editor: Yudha