Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Pencurian di Kapal Kargo SL Lay Vessel 108 Pesta Sabu Sebelum Beraksi
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 18-10-2018 | 14:40 WIB
pelaku-pembajakan1.jpg Honda-Batam
Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno menginterogasi pelaku pencurian di atas Kapal Kargo SL Lay Vessel 108. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaku pencurian di atas Kapal Kargo SL Lay Vessel 108 yang berhasil diamankan Tim F1QR Lantamal IV Tanjungpinang tenyata pesta sabu sebelum beraksi.

"Sebelum mencuri kami berlima sempat pakai sabu di rumah teman saya. Supaya berani dalam melancarkan aksi pencurian ini," ucap Yanto usai press rillis di Fasharkan Mentigi, Kamis (18/10/2018).

Ia menjelaskan melakukan perbuatan itu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari karena dinilai pekerjaan sebagai nelayan tidak cukup untuk menopang kebutuhan keluarganya.

"Barang-barang ini yang kami curi rencananya akan dijual. Uangnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Yanto juga menyebutkan dirinya tidak hanya sekali melakukan pencurian seperti ini bahkan sudah sering dengan teman-temannya. Dirinya merasa menyesal dan tidak melakukan perbuatan seperti ini lagi.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno menyebutkan mereka menggunakan narkoba untuk mengurangi rasa cemas dan takut. "Tetapi kami akan melakukan tes urine terhadap para pelaku ini," ucapnya.

Menurutnya, para pelaku sehari-hari berprofesi sebagai nelayan dan pemuda yang berasal dari Pulau Akar, Batam.

"Pelaku lain akan diusut tuntas dan ditangkap. Kalau dibiarkan dapat menjadi penyakit masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan Unit I Jatanrasla Fleet One Quick Responce (F1QR) Lantamal IV Tanjungpinang mengamankan Ridwan satu dari lima pelaku terduga pencurian diatas Kapal Kargo bernama SV. Lay Vessel 108 berbendera Malta berbobot 10.838 GT di Pulau Akar Kelurahan Setoko, Bulang Batam, Kamis (11/10/2018).

Namun tidak berapa lama kemudian Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Unit I Kejahatan dan Kekerasan di Laut (Jatanrasla) kembali berhasil menangkap Yanto salah satu dari empat target buruan yang merupakan terduga pelaku pencurian diatas Kapal Kargo SL. Lay Vessel 108, di Perumahan Griya Permai Batu Aji Batam, Kamis (17/10/2018) pukul 12.15 Wib.

Maka dari itu masih ada tiga orang pelaku lagi yang sampai saat ini masih buronan diantaranya T, F dan A. Barang bukti yang diamankan diantaranya sarana boat pancung, Unit 1/Jatanrasla F1QR Lantamal IV berhasil menemukan speed tanpa pengemudi yang didalamnya terdapat barang-baramg antara lain 1 unit Chain saw listrik merk makita, 2 buah mesin bor tangan baterai merk dewalt, 1 buah gerinda tangan baterai dan 1 buah baterai merk dewalt, 1 set kunci sock merk gearwremch, 1 set kunci merk sutontul, 1 bungkus kebel soket dan alat las serta 2 karung kabel welding dan kabel welding yang sudah di buka. Dengan total kerugian sebanyak Rp 15 juta.

Editor: Yudha