Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Realisasi Baru 40 Persen, Dinkes Turunkan Target Imunisasi MR di Batam
Oleh : CR2
Kamis | 18-10-2018 | 12:40 WIB
kadinkes-batam1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi ungkapkan pemberian imunisasi Measle dan Rubela (MR) di Batam baru 44 persen dari target sebelumnya mencapai 95 persen.

Target imunisasi MR yang dipatok sebanyak 350 ribu anak sampai saat ini baru terealisasi sebanyak 150 ribu anak.

Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan faktor utama penyebab sulitnya pencapaian target imunisasi MR ini dikarenakan stigma dari masyarakat masih banyak memandang kalau imunisasi atau vaksin MR itu haram hukumnya.

"Itu sangat sulit sekali, bahkan boleh saya katakan target 95 persen pemberian imunisasi MR di Batam mustahil untuk bisa dicapai," kata Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi di DPRD Kota Batam, Kamis (18/10/2018).

Didi mengatakan pihaknya menurunkan sendiri target yang sebelumnya 95 persen, menjadi 60 persen saja karena hal tersebut mengikuti patokan target yang dipakai oleh pusat.

"Kami sampai menurunkan target dan mengikuti patokan target yang dipakai oleh pusat," ujarnya.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Batam agar mau mengimunisasi MR anaknya, pihaknya terus gencar menggelar pertemuan dengan tokoh masyarkat, kepsek, berkoordinasi dengan MUI Batam meski sampai saat ini tetap menegaskan imunisasi MR haram.

"Untuk kendala lainnya tidak ada sama sekali, hanya masih terhambat di stigma masyarakat saja," tutupnya.

Editor: Yudha