PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Negara Harus Berperan Aktif Tangkal Penyebaran Hoax
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 17-10-2018 | 08:52 WIB
Haripinto_4pilar_perparani.jpg honda-batam
Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja memberikan Sosialisasi Empat Pilar kepada Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Batam - Senator Haripinto Tanuwidjaja mengatakan, negara harus berperan dalam mengatasi penyebaran informasi yang tidak benar atau hoax. Apabila negara tidak beperan, maka penyebaran informasi berita hoax akan semakin masif di masyarakat.

"Negara dengan segala perangkat hukum dan infrastruktur yang dimilikinya tentu harus berperan dalam memerangi hoax dan penyeberan informasi yang tidak benar," kata Haripinto saat memberikan sosialisasi Empat Pilar kepada Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Provinsi Kepulauan Riau pada 7 September 2018 lalu, di Gedung Serba Guna Sekolah Charitas Batam.

Namun, menurut Haripinto, upaya untuk memerangi hoax itu tidak akan efektif jika tidak didukung secara paralel oleh segenap lapisan masyarakat, khususnya media dan lapisan masyarakat terpelajar.

"Dengan kemunculan media sosial, fenomena citizen journalism dan mudahnya mendirikan suatu media, saat ini setiap orang setiap detik dapat dengan mudah mengkreasi dan mendistribusikan informasi apapun," katanya.

Karena itu, qArus dan akses informasi yang sedemikian masif itu memang menjadi tantangan tersendiri karena pada praktiknya tidaklah mudah untuk dikurasi dan dipilah kebenarannya.

"Dalam situasi demikian yang dapat dilakukan masyarakat, terutama kalangan terpelajar adalah ikut serta terlibat aktif memberikan pengertian kepada masyarakat luas tentang bagaimana memahami konten atau muatan informasi dan asal-usul serta kredibilitas sumber informasinya," ujarnya.

Anggota Komite II DPD RI ini menilai jika upaya itu diupayakan secara konsisten dan tanpa intensi kepentingan politik apapun, maka diharapkan bisa terjadi pembelajaran bersama secara terus menerus dalam mendeteksi secara dini apakah suatu informasi berita hoax atau bukan.

Haripinto berharap kaum muda bisa terlibat aktif dalam keseharian masyarakat dan siap untuk masuk ke aneka bidang kehidupan sosial dan politik, melalui pelatihan-pelatihan secara bertahap dan berkesinambungan dengan modul-modul pelatihan yang berkaitan dengan spiritualitas, keterampilan dan kepemimpinan.

"Hal ini dirasakan semakin mendesak, karena tanpa karya kehadiran pemuda tidak akan dirasakan secara nyata oleh masyarakat," kata Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau ini.

Editor: Surya