Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petugas Jaga Disidang Disiplin

Kasni Sempat Mencuri dalam Pelarian
Oleh : Charles/Dodo
Jum'at | 10-02-2012 | 18:00 WIB
tahanan-kabur.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Tersangka pencurian Kasni Pranata, mengaku dirinya merupakan otak perencanaan pelarian dari sel Tahanan Mapolresta Tanjungpinang, Jumat (3/2/2012) pekan lalu. Pelarian dilakukan dengan cara merusak jeruji besi tahanan Mapolresta yang sudah berkarat dilanjutkan dengan memanjat plafon dan atap sel tahanan. 

Bahkan dalam pelariannya, Kasni juga mengaku kalau dirinya masih sempat mencuri emas milik seorang warga, di bilangan Jalan Lembah Purnama-Tanungpinang. Hal itu diakui Kasni Pranata pada sejumlah wartawan di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (10/2/2012).

"Saya yang mengajak Indra lari dengan cara merusak jeruji besi  sel yang sudah karatan," kata Kasni. 

Selanjutnya, setelah merusak besi, pelaku naik ke atap sel tahanan dan kabur melalui atap yang tembus ke Arena Futsal yang berdekatan dengan Mapolresta Tanjungpinang.

"Setelah kami keluar kami jalan kaki ke arah tepi pantai yang berada di Jalan Pramuka. Di sana kami berpisah," kata Kasni.

Pada Jumat malam, Kasni mengaku membobol sebuah rumah di Jalan Lembah Purnama, dan dari dalam rumah tersebut, dirinya berhasil menggasak perhiasan serta uang tuan rumah untuk modal dalam pelariannnya.

"Saat itu, pintu rumah itu tidak dikunci, kemudian saya masuk dan mengambil perhiasan, rencananya akan saya jual sebagai ongkos," ujar Kasni lagi.

Setelah berhasil membobol rumah, Kasni kemudian bersembunyi di pemukiman warga. Hingga pada Sabtu malam, dia naik ojek ke Batu 8. Rencananya, malam itu juga, dirinya akan naik angkutan umum ke Tanjunguban. Namun sayang, belum sempat kabur ke Tanjunguban, keberadaannya dapat diendus polisi, yang kemudian menangkap terangka di Km 8 Tanjungpinang.

Sedangkan Indra, mengaku, setelah kabur dari sel tahanan Mapolresta Tanjungpinang, Sabtu, (6/2) lalu, langsung berangkat ke Tanjunguban, dan selanjutnya, yang bersangkutan naik kapal ke Batam.

Di Batam, Indra sempat ngekos disalah satu perumahan warga. Namun tak lama, keberadaannya kembali terendus polisi setelah empat hari bersembunyi, hingga akhirnya Indra kembali diamankan dan dibawa ke Tanjungpinang.

Dianggap Lalai Anggota Polisi Jaga Disidang Dispilin
 
Sementara itu, anggota Polisi yang melakukan penjagaan, saat dua tersangka narkoba dan pencurian Kasni dan Indra kabur, akan diproses dan diberikan hukuman disiplin. AKBP Suhendri, Kapolresta Tanjungpinang mengatakan anggota yang lalai dalam penjagaan pada malam pelarian kedua tersangka akan disidang disiplin.  

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dua tahanan Polres Tanjungpinang, Indra bin Ismail dan Kasni Pranata, kabur dari sel tahanan Mapolres, Jumat (3/2/2012) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Indra merupakan tahanan yang tersangkut kasus narkoba dan Kasni Pranata, tersangka kasus pencurian bermotor (Curanmor).