Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calon TKI Tertipu, Uang Tunai dan Laptop Hilang
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 10-02-2012 | 17:31 WIB
yusroh-diana,-calon-TKI-yan.gif Honda-Batam

Yusroh, calon TKI yang ditipu oleh calo. (Foto: Roni/batamtoday).

BATAM, batamtoday - Tiga orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Yusroh Diana, Rosmini dan Yeni kena tipu oleh calo yang menjanjikan mereka pekerjakan di Malaysia. Uang Rp12 juta yang dikumpulkan oleh korban dan barang berharga berupa laptop dan uang dilarikan. 

Dikisahkan oleh Yusroh, di Jakarta mereka bertemu dengan Nita dan Joko. Mereka dijanjikan pekerjaan di Malaysia, tapi harus membayarkan uang masing-masing Rp4 juta untuk ongkos dan pengurusan surat-surat. 

"Kami masing-masing diminta uang Rp4 juta jadi totalnya Rp12 juta," terang Yusroh kepada wartawan di Shelter Dinsos Batam, Sekupang, Jumat (10/2/2012). 

Setelah sepakat pada Senin (6/2/2012) lalu ketiga korban dan dua orang calo tersebut tiba di Bandara Hang Nadim Batam. Selanjutnya memanggil taksi. Namun setelah mereka naik, malahan kedua pelaku turun lagi dan menyuruh korban menunggu sebentar. 

"Kami disuruh nunggu. Tapi mereka berdua tidak datang-datang lagi, entah kemana perginya," tuturnya. 

Sementara itu, lanjut Yusroh, barang berharga milik temannya Yeni berupa laptop dan handphone dilarikan pelaku dengan berpura-pura menyimpankan. 

"Laptop dan hape milik Yeni hilang," katanya. 

Karena sudah panik, mereka langsung melapor ke Polisi di Bandara Hang Nadim. Selanjutnya dibawa ke shelter penampungan Dinsos Batam. 

"Setelah dipulangkan ke Jakarta, nanti mereka berdua akan saya cari," katanya kesal.