Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Orang Terdeteksi Positif Kanker Serviks di Bintan
Oleh : Redaksi
Senin | 15-10-2018 | 10:28 WIB
serviks-ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan mencatat sebanyak 974 peserta kaum wanita atau ibu-ibu yang telah mengikuti Program Pelayanan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara secara gratis setiap Kamis di seluruh Puskesmas Kabupaten Bintan.

Dari 974 peserta tersebut, 2 peserta didiagnosis positif menderita kanker serviks. Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Yosei Susanti Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan pada Jumat (12/10/2018) pagi.

"Hingga saat ini, hasil diagnosa secara keseluruhan ada 2 peserta yang positif terindikasi menderita kanker serviks dan sudah dilakukan penanganan lebih lanjut," ujarnya, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Deby Maryanti yang juga pencetus ide 'Gerakan Kamis Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara secara Gratis' menuturkan, pentingnya perlindungan masyarakat Kabupaten Bintan khususnya kaum ibu-ibu terhadap bahaya penyakit kanker serviks dan kanker payudara wajib dilakukan.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berusaha melakukan sosialisasi dan imbauan atas pentingnya pemeriksaan kanker serviks dan payudara sebagai bagian dari pencegahan dini untuk membantu masyarakat khususnya kaum ibu-ibu terhadap bahaya kanker serviks dan kanker payudara.

"Alhamdullilah hingga saat ini antusiasme masyarakat masih sangat tinggi. Bahkan tahun 2017 yang lalu , ada 1.445 ibu-ibu yang ikut serta," tutupnya.

Editor: Gokli