PKP

PPK Libatkan Parpol dan Panwascam Cross Check Data Ganda di Kecamatan Galang
Oleh : CR-1
Jum\'at | 12-10-2018 | 10:40 WIB
cros-cek-dpt.jpg honda-batam
Komisoner KPU Batam, Zaki Setiawan (dua dari kanan) bersama PPK dan Panwascam Galang saat melakukan cross check DPTHP-1. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Galang libatkan Parpol dan Panwascam untuk mencermati data ganda pada daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-1) di Kantor Camat Galang pada Jumat (12/10/2018).

Pelibatan Parpol dan Panwascam ini merupakan wujud keterbukaan KPU untuk membersihkan data-data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat di setiap kecamatan.

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan data pemilih itu tidak memenuhi syarat. Di antaranya data ganda, baik antar kelurahan, kecamatan, maupun kabupaten/kota.

"Begitu juga untuk pemilih yang belum memenuhi syarat usia 17 tahun dan yang telah meninggal dunia, semua data itu harus segera kita bereskan demi persiapan pesta Pemilu yang lebih baik," ujarnya.

Masih kata Zaki, perihal verifikasi data ganda antar kelurahan, akan dilakukan koordinasi antar Panitia Pemungutan Suara (PPS), di mana data ganda itu munculnya. "Sedangkan verifikasi data ganda antar kecamatan akan dilakukan oleh PPK dan di tingkat kabupaten/kota oleh KPU Kabupaten/Kota," jelasnya.

Lanjut Zaki, verifikasi data ganda ini dilakukan untuk memastikan domisili terakhir para pemilih. Sehingga saat salah satu nama dihapus, tidak akan berimbas pada hilangnya hak pilih pemilih tersebut.

Untuk verifikasi di tingkat PPK, KPU juga mempersilakan Parpol untuk ikut terjun langsung ke lapangan, guna menyisir data ganda tersebut. Ini semua dilakukan untuk menujukkan keserius KPU dalam menyikapi data ganda di setiap kecamatan.

"Hal ini bertujuan agar Parpol bisa menyaksikan kinerja serius PPS dan PPK dalam menyempurnakan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-1)," tutupnya.

Editor: Gokli