Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Isdianto Ingin Layanan Kesehatan di Kepri Menjangkau Semua Lapisan Masyarakat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 12-10-2018 | 10:16 WIB
kesehatan-prima.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Gubernur H Isdianto saat menerima Kadis Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana dan Kadis Kesehatan Karimun Achmadi di Graha Kepri, Batam Center, Kamis (11/10/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur H Isdianto menegaskan pelayanan kesehatan harus semakin prima. Jangkauan layanan kesehatan yang semakin baik juga harus menjangkau masyarakat lebih banyak.

"Layanan kesehatan harus menyentuh masyarakat di semua lapisan. Di mana pun mereka, ke depan, layanan itu harus mereka dapatkan," kata Isdianto, saat menerima Kadis Kesehatan Provinsi Kepri dan Kadis Kesehatan Karimun di ruang kerja Wagub di Graha Kepri Batam, Kamis (11/10/2018) seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Salah satu upaya memperkuat layanan prima itu adalah dengan hadirnya rumah sakit pramata (Tipe D) di Pulau Kundur. Wagub berharap secepatnya keberadaan rumah sakit pratama tersebut.

Setalah ada penetapan status, kata Isdianto, Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Karimun, akan duduk bersama menentukan langkah selanjutnya.

Dukungan ini diberikan, karena Pemprov memang ingin agar secepatnya ada rumah sakit di Tanjung Batu. Selain untuk masyarakat Tanjung Batu sendiri, juga untuk bisa mengcover daerah sekitarnya.

"Ini juga keinginan (alm) HM Sani agar Tanjung Batu memiliki rumah sakit," ujar Isdianto.

Bukan tanpa sebab, masyarakat Pulau Kundur berharap bisa memiliki rumah sakit agar dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, tidak harus jauh-jauh ke Karimun, Tanjungpinang atau Batam.

Wagub berharap, tahun depan sudah bisa diadakan pembicaraan lanjut mengenai apa saja yang harus dipenuhi dengan keberadaan rumah sakit ini. Dari mulai peralatan penunjang hingga tenaga medis dan pendukung lainnya.

"Jika telah ada penetapan, kita bisa segera sharing serta ajukan penanggarannya dalam APBD 2019. Dengan demikian tahun depan 2020, rumah sakit tersebut segera beroperasi," harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana mendukung terwujudnya rumah sakit pratama di Tanjung Batu. Karenanya penetapan status harus secepatnya dilakukan. Adapun operasional Puskesmas Tanjung Batu bisa tetap berjalan seperti biasa.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Achmadi akan segera menindaklanjuti dengan terlebih dahulu menetapkan keberadaan rumah sakit pratama Tanjung Batu. Nantinya penetapan akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan SK dan perizinan yang dikeluarkan Bupati Karimun dengan disusul membuat plang nama rumah sakit. Adapun puskemas lama akan dipindah pelayanannya.

Editor: Gokli