Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nahkoda Sebut Pesanan PT Se-Jagad Energy

Penampung 5 Ribu Ton Minyak Tangkapan Lanal Batam Masih Dikejar
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 09-10-2018 | 12:28 WIB
minyak-ido3.jpg Honda-Batam
Panglima Komando Armada I (Koarmada), Laksamana Muda TNI Yudo Margono didampingi sejumlah pejabat TNI AL meninjau muatan kapal MT Eastern Glory di Dermaga Mako Lanal Batam. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proses penyidikan yang dilakukan Lanal Batam terhadap tangkapan kapal MT Eastern Glory bermuatan BBM jenis Industrial Diesel Oil (IDO) atau solar sekitar 5 ribu ton di perairan Jembatan 2 Barelang Batam masih terus dilakukan.

Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, saat dikonfirmasi, mengatakan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) sudah dikirim ke Kejaksaan Negeri Batam.

"Kasusnya tetap lanjut. Sstu orang yakni nahkodanya ditetapkan tersangka. Proses sudah masuk SPDP dan akan terus kita lanjutkan," ujar Iwan, Selasa (9/10/2018).

Terkait perusahaan yang membeli minyak itu di perairan Batam, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap pembeli.

"Namun sekarang perusahaan itu tidak diketahui di mana rimbanya. Yang jelas kita masih terus melakukan penyidikan," tegasnya.

Sebelumnya nahkoda kapal MT Eastern Glory, mengaku ia diperintahkan perusahaannya untuk mengantarkan minyak ke perusahan PT Se-Jagad Energy di Batam.

"Ini pesanan PT Se-Jagad Energy. Saya diperintahkan perusahaan agen di Singapura untuk mengantarkannya. Bongkar muat minyak dilakukan di OPL," akunya.

Dilanjutkan, kapal PT Se-Jagad Energy yang menampung minyak ini lebih besar dengan muatan sekitar 13 ribu ton. "Saya hanya diperintahkan dan baru dua minggu bergabung dengan kapal ini," kilahnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Gabungan F1QR Lantamal IV dan Lanal Batam dengan Patkamla Pelampong Lanal Batam telah mengamankan kapal MT Eastern Glory bermuatan minyak solar di perairan jembatan 2 Barelang Batam pada koordinat 0 derajat 58' 69" U - 104 derajat 01' 08" T, Selasa (4/9/2018), sekitar pukul 15.45 Wib.

Penangkapan tersebut, berawal dengan adanya informasi Intelijen bahwa adanya kapal tanker dengan muatan minyak solar yang selesai melaksanakan STS (Ship to Ship) dari West OPL akan masuk perairan Batam.

Selanjutnya Tim F1QR IV dengan menggunakan Patkamla Pelampong melaksanakan patroli dan penyekatan di beberapa titik yang kemungkinan akan dilalui oleh kapal tersebut.

Berdasarkan informasi tersebut, pada hari Selasa tanggal 4 September 2018 Tim F1QR Lanal Batam Patkamla Pelampong melaksanakan giat patroli penyekatan di sektor perairan Galang Batam.

Editor: Yudha