Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data BNPB, 384 Orang Tewas Akibat Gempa Palu dan Donggala
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-09-2018 | 15:16 WIB
gempa-donggala1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kerusakan akibat gempa Donggala.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban gempa Palu sudah mencapai 384 orang terhitung Sabtu (29/8/2018) siang.

"Jumlah 384 orang meninggal dunia, ini hanya yang di Palu, belum yang di Donggala," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (29/9.

Sutopo menyebut saat ini para korban ditangani oleh beberapa rumah sakit si Palu, seperti Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Samaritan, dan Rumah Sakit Wirabuana.

Saat ini proses evakuasi masih dilakukan oleh BNPB dan Tim Sar Gabungan. BNPB memperkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah, kata Sutopo.

"Diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah karena masih dalam proses evakuasi. Belum semua korban yang ditemukan bisa diidentifikasi di rumah sakit," lanjutnya.

Puluhan hingga ratusan orang diperkirakan belum dievakuasi dari reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa berkekuatan 7,4 skala Richter yang memicu Tsunami di Sulawesi Tengah.

BNPB mencatat kebanyakan orang yang meninggal itu adalah korban gempa. Hotel Roa-Roa di Palu juga ambruk hingga rata dengan tanah akibat gempa 7,4 skala Richter itu.

Sementara itu, BNPB belum dapat memastikan informasi mengenai kerusakan dan korban gempa di Donggala karena akses yang masih sulit.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha