Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

WHO Ungkap Alkohol Membunuh Tiga Juta Orang Setahun
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-09-2018 | 18:04 WIB
ilustrasi-minuman-keras.jpg Honda-Batam
Ilustrasi minuman keras. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru menunjukkan bahwa ada lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia meninggal dunia pada tahun 2016 lalu akibat alkohol. Itu berarti satu dari 20 kematian di seluruh dunia terkait dengan minuman beralkohol.

Menurut data yang sama yang dirilis pekan ini, lebih dari tiga perempat dari kematian ini adalah laki-laki. WHO memperkirakan, konsumsi global alkohol diperkirakan akan meningkat dalam 10 tahun mendatang.

“Ini saatnya untuk meningkatkan tindakan untuk mencegah ancaman serius ini terhadap perkembangan masyarakat yang sehat,” kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah laporan.

"Terlalu banyak orang, keluarga dan komunitas mereka menderita konsekuensi dari penggunaan alkohol yang berbahaya," sambungnya.

Data WHO menunjukkan bahwa secara global, diperkirakan 237 juta pria dan 46 juta wanita adalah peminum bermasalah atau penyalahguna alkohol. Prevalensi tertinggi di Eropa dan Amerika, dan gangguan penggunaan alkohol lebih umum di negara-negara kaya.

Dari semua kematian yang disebabkan alkohol, 28 persen karena cedera, seperti kecelakaan lalu lintas, menyakiti diri sendiri dan kekerasan antarpribadi. 21 persen lainnya disebabkan oleh gangguan pencernaan, dan 19 persen karena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani