Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPJS Kesehatan Segera Distribusikan KIS

869 Jiwa Warga di Kecamatan Batam Kota dan Batuaji Dapat Kuota PBI APBN
Oleh : Redaksi
Rabu | 19-09-2018 | 09:16 WIB
kuota-pbi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pendaftaran JKN KIS di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor 82/HUK/2018 tentang Penetapan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Tahun 2018 Tahap Keempat, wilayah Kota Batam mendapatkan
tambahan kuota peserta dari segmen PBI yang dibiayai melalui APBN.

Kuota yang didapatkan adalah 869 jiwa yang diperuntukkan kepada masyarakat di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Batuaji.

Maucensia Septrina Nababan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengatakan, dengan bertambahnya kuota tersebut maka akan mengurangi beban masyarakat yang selama ini sulit mengakses pelayanan kesehatan karena faktor ekonomi. Selain itu penambahan ini jelas meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS menuju cakupan semesta 2019 nanti.

Ia mengungkapkan, kuota yang diberikan kepada Kecamatan Batam Kota dan
Kecamatan Batuaji tersebut murni karena usaha dari perangkat desanya. Hal ini dikarenakan untuk pendaftaran peserta PBI baik APBD maupun APBN, masyarakat mendaftarkan diri ke Dinas terkait melalui perangkat desa.

Namun karena masyarakat masih banyak yang belum tau, sudah seharusnya perangkat desa harus lebih aktif menginformasikan ke masyarakat.

"Kebanyakan masyarakat tidak tau bagaimana caranya agar iuran bisa dibayarkan oleh
pemerintah, untuk itu perangkat desa harus lebih aktif dan informatif dan informatif," ungkapnya, Rabu (19/9/2018).

Maucensia mengatakan, ini adalah ketiga kalinya dalam tahun ini Kecamatan Batam Kota mendapatkan kuota untuk peserta PBI APBN. Sebelumnya bulan Januari mendapatkan kuota sebanyak 729 jiwa, kemudian Mei 315 jiwa dan bulan ini bertambah lagi 302 jiwa.

Sementara Kecamatan Batuaji mendapatkan kuota PBI APBN untuk pertama kalinya. "Untuk Batam Kota mendapatkan kuota 302 jiwa dan Batu Aji 567 jiwa," jelasnya.

Dengan adanya kuota yang diberikan kepada dua kecamatan tersebut, pihaknya mengharapkan hal tersebut bisa menjadi motivasi untuk daerah yang lain agar lebih aktif untuk mendaftarkan warganya sebagai peserta PBI APBN.

Dikatakan Maucensia, terkait daftar peserta PBI APBN yang baru ini, pihak BPJS sudah melakukan distribusi ke wilayah Batam Kota dan Batuaji sejumlah peserta yang sesuai data berhak menda