Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua DPD RI Terima Kunjungan Ketua Parlemen Korsel
Oleh : Irawan
Sabtu | 15-09-2018 | 08:40 WIB
oso_korsel.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menerima Ketua Parlemen Korsel Moon Hee Sang

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPD RI menerima kunjungan Ketua Parlemen Korea Selatan (Korsel) Moon Hee Sang hari Jum’at (14/9/2018) di ruang delegasi Ketua DPD RI. Pertemuan tersebut membahas mengenai peningkatan kerjasama antara Indonesia dengan Korea Selatan. Salah satunya adalah adanya investasi di daerah-daerah untuk pembangunan daerah.

Kedatangan Moon Hee Sang disambut baik oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta bersama Pimpinan DPD RI dan BKSP DPD RI. Pertemuan tersebut dianggap sebagai tindak lanjut atas kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan untuk membahas peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara.

Oesman Sapta berharap kedepannya ada kerjasama antar DPD RI dengan Parlemen Korea Selatan terkait investasi untuk pembangunan daerah.

"Presiden kita baru pulang dari sana (Korea Selatan) dan telah menandatangani memorandum of understanding yang meningkatkan hubungan ekonomi untuk tahun 2020 mencapai 30 milyar dollar. Dan beliau datang juga untuk mempertegas dan ingin menjajaki dalam investasi yang dapat menjalar ke daerah-daerah," ucap Oesman Sapta saat diwawancarai.

Senator asal Kalimantan Barat ini juga berharap agar kedepannya hubungan persahabatan kedua negara semakin erat dan selalu terjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Oesman Sapta juga berpesan agar Korea Selatan dapat memberikan dukungan dalam pertemuan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia).

"Mengenai MIKTA, kita sangat membutuhkan dukungan. Salah satu agendanya melawan terorisme, kerjasama ekonomi, pengembangan energi, pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, pemeliharaaan perdamaian, tata kelola pemerintahan yang baik, pelaksanaan demokrasi," kata Oesman Sapta.

Sementara itu, Moon Hee Sang menjelaskan bahwa pertemuannya dengan DPD RI bertujuan untuk membahas peningkatan kerjasama antara kedua negara. Menurutnya, sebagai sesama negara berkekuatan menengah Indonesia dan Korea Selatan harus selalu mempererat hubungan.

"Kami berdua membicarakan berbagai hal untuk meningkatkan kerjasama khususnya untuk memberikan dukungan kepada Indonesia dan Korea Selatan sebagai negara kekuatan menengah dan anggota MIKTA. Saya berharap Indonesia kedepannya tetap memegang peranan penting sebagai negara penting di MIKTA dan ASEAN," ucap Moon Hee Sang.

Moon Hee Sang menambahkan bahwa negaranya berkomitmen untuk selalu meningkatkan kerjasama investasi dengan Indonesia. Dirinya menambahkan kedepannya terdapat proyek-proyek kerjasama yang akan dilakukan antar kedua negara.

"Dalam dua tahun terkahir ini investasi Korea Selatan ke Indonesia naik 80 persen dan perdagangan mengalami kenaikan 20 persen. Saya mohon dukungan dan perhatian besar dari Ketua DPD dan seluruh jajaran DPD agar seluruh investasi Korea Selatan dapat berjalan baik dalam lingkungan yang aman dan nyaman di Indonesia," ucapnya.

Editor: Surya