Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Terus Upayakan Vaksin MR Merata ke Seluruh Anak di Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 07-09-2018 | 16:40 WIB
imunisasi-mr-lingga1.jpg Honda-Batam
Penyerahan sertifikat imunisasi dari Dinkes-PPKB Lingga kepada salah satu anak yang telah di imunisasi Vaksin MR. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga terus berupaya menjalankan program imunisasi vaksin Measles dan Rubella (MR) ke seluruh anak di Kabupaten Lingga.

Meski sempat mendapat penolakan dari orang tua anak akibat munculnya polemik tentang kehalalan obat tersebut, Dinkes tetap akan menyelesaikan program ini dalam jangka waktu dua bulan kedepan dimulai dari 1 Agustus kemarin.

"Sejauh ini memang masih ada orang tua yang menolak anaknya disuntik vaksin MR. Menurut saya mereka yang menolak itu nakal, numpang kekebalan dari orang lain. Harusnya mereka bertanya pada ahlinya, bukan hanya sekedar dengar info seperti makan lalap yang boleh makan mentah," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinkes-PPKB Lingga, Maliana, Jumat (7/9/2018).

Maliana menjelaskan, imunisasi MR sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh anak, sehingga terhindar dari bahaya salah satunya penyakit campak.

Namun, karena adanya orang tua yang masih menolak imunisasi MR tersebut, pihaknya kata Maliana akan melakukan evaluasi kembali. Apakah akan terus dilakukan sosialisasi kembali atau tidak.

"Kekebalan komunitas ini bukan tanggung jawab pihak kesehatan. Pada dasarnya kami hanya provider jasa, kesehatan itu untuk diri sendiri," ucapnya.

Berdasarkan data, persentase pelaksanaan imunisasi MR di Lingga saat ini baru terlaksana 32,74 persen. Menurut Maliana, pelaksanaan ini bisa diperpanjang dari pemerintah jika targetnya belum tercapai.

Kemudian selain imunisasi, Dinkes-PPKB Lingga juga memberikan sertifikat kepada sebagian anak-anak yang sudah melakukan imunisasi. Sertifikat itu sebagai bukti bahwa sudah di imunisasi.

Editor: Yudha