Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Kepri Ingatkan OPD Kejar Target RPJMD
Oleh : Redaksi
Kamis | 23-08-2018 | 10:04 WIB
jumaga-88.jpg Honda-Batam
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - DPRD Kepri mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi mengejar target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dalam rapat anggaran di DPRD Kepri pada Selasa (21/8/2018) merasa khawatir target RPJMD tidak tercapai jika kinerja OPD masih lambat.

"Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan Gubernur terhadap kinerja OPD. Kami mengingatkan agar seluruh OPD melaksanakan tugas secara maksimal, agar target RPJMD yang merupakan implementasi dari visi dan misi Kepala Daerah tercapai," ucap Jumaga, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Jumaga mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan anggota legislatif, ditemukan sejumlah OPD masih bergerak lambat sehingga dikhawatirkan target RPJMD tidak tercapai hingga berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah.

Karena itu, menurut dia, pembangunan infrastruktur dasar dalam mengembangkan sektor kehidupan harus diutamakan untuk dilaksanakannya. "OPD harus bergerak cepat menyusun rancangan kegiatan yang bersandar dari visi dan misi Pemerintah Kepri, karena waktu yang tersisa sangat terbatas," katanya.

"OPD harus lebih sensitif, dan peka terhadap persoalan di pemerintahan dan masyarakat. Perencanaan pembangunan dan target pendapatan semestinya dikaji secara matang, dan dilaksanakan tepat waktu," imbuhnya.

Jumaga juga menemukan masih ada sejumlah OPD yang melaksanakan kegiatan serimonial yang tidak berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Dalam kondisi keterbatasan anggaran, seharusnya pelaksanaan kegiatan menyentuh kepentingan masyarakat, bukan malah sebaliknya.

"Sekarang kondisi keuangan sulit, defisit anggaran, semestinya ada prioritas kegiatan. Yang menyentuh langsung kepentingan publik sebaiknya dilaksanakan segera," katanya.

Ia juga mengingatkan Gubernur untuk lebih memperhatikan permasalahan pengangguran dan kesejahteraan masyarakat. Dua persoalan itu dapat tercapai jika lapangan pekerjaan terbuka untuk masyarakat.

"Progran kesejahteraan masyarakat harus diutamakan, selain pembangunan infrastruktur," pesannya.

Menanggapi pernyataan Jumaga tersebut, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menegaskan pihaknya selalu berupaya melaksanakan program pembangunan sesuai RPJMD. Hasil pengawasan DPRD Kepri bermanfaat bagi pemerintahan untuk lebih meningkatan kualitas pembangunan, yang sejalan dengan harapan masyarakat.

"Pembangunan infrastruktur, pengembangan industri bahari, pariwisata dan penguatan perekonomian diprioritaskan," katanya.

Editor: Gokli