Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program Nusantara Sehat Berdampak Positif bagi Masyarakat Kepri
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 03-08-2018 | 19:52 WIB
tj-kepri.jpg Honda-Batam
Kepala Dinkes Kepri, Tjetjep Yudiana. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Dinkes Kepri) menyatakan program Nusantara Sehat berdampak positif bagi masyarakat, terutama yang tinggal di pulau-pulau.

Kepala Dinkes Kepri, Tjetjep Yudiana, program Nusantara Sehat menunjukkan komitmen Pemerintah Pusat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat hingga di pulau-pulau, melalui penguatan kapasitas dan peran tenaga medis dalam melayani warga di daerah perbatasan.

"Melalui program ini, tenaga medis yang bertugas di pulau-pulau tidak lagi hanya menunggu pasien di rumah sakit dan Puskesmas, melainkan mengunjungi warga," katanya, Kamis (2/8/2018) seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Tjetjep mengemukakan tim medis menyosialisasikan gaya hidup sehat, memeriksa kondisi kesehatan warga dan mengintervensi warga agar mencegah dan mengobati penyakit dengan cara yang benar.

"Tenaga medis seperti perawat dan dokter itu merupakan profesi yang mulia. Mereka kini harus lebih dekat dengan warga pesisir, wajib melaksanakan program kesehatan yang dicanangkan pemerintah," katanya.

Dikatakan Tjetjep, dokter keluarga, satu program yang mendekatkan tenaga medis dengan warga. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari keinginan pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat hingga ke pelosok daerah.

Program itu pula bagian dari strategi pemerintah untuk menyukseskan Nusantara Sehat. "Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pesisir, Pemerintah Pusat dan Daerah bersinergi, satu persatu persoalan dihadapi dan diatasi. Yang paling penting adalah mengintensifkan upaya preventif terutama terhadap penyakit yang berbahaya," ucapnya.

Tjetjep mengatakan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan program Nusantara Sehat bukan hanya pada kapasitas dan peran tenaga medis, melainkan juga infrastruktur dan peralatan medis. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menyadari infrastruktur yang memadai dan ketersediaan peralatan medis perlu mendapat perhatian serius.

Karena itu, lanjutnya sejak beberapa tahun lalu, perbaikan rumah sakit dan Puskesmas terus dilakukan hingga sekarang. "Jadi pemerintah keroyokan dalam menuntaskan permasalahan kesehatan," tutupnya.

Editor: Gokli