Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Anambas Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi MR
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 01-08-2018 | 18:58 WIB
anambas-vaksin.jpg Honda-Batam
Bupati, Wakil Bupati, TNI/Polri, Kacabjari, Kepala Dinas Kesehatan serta PKK melepaskan balon pencanangan vaksinasi MR di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Siantan. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengajak masyarakat khususnya anak berumur 9 bulan hingga 15 tahun mengikuti vaksinasi/imunisasi measles dan rubela (MR). Dengan tujuan melindungi anak dari penularan penyakit.

"Bagi orangtua dan guru, tolong diberikan penjelasan kepada anak agar tidak takut disuntik imunisasi MR ini. Karena tujuannya untuk memperkecil peluang tertularnya penyakit. Karena usia 9 bulan hingga 15 tahun ini sangat rentan tertular penyakit. Maka dari itu ayo kita bawa anak-anak generasi penerus ini untuk ikut imunisasi MR," kata Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat pencanangan vaksinasi MR tahun 2018 di SDN 001 Siantan, Rabu (1/8/2018).

Haris menguraikan, penyakit campak (measles) merupakan penyakit yang menyerang pernapasan dan diakibatkan oleh virus. Sedangkan ?rubela merupakan penyakit ringan, tetapi mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil yang tertular.

"Vaksinasi MR ini akan berlangsung selama Agustus 2018. Maka untuk mencegah penyakit itu menular, kita lakukan vaksinasi/imunisasi kepada anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto menguraikan, semua pos pelayanan kesehatan baik Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu di setiap kecamatan maupun desa melakukan pelayanan vaksinasi/imunisasi MR.

"Bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 6 tahun sebaiknya langsung ke pos pelayanan kesehatan. Usia 7 hingga 15 tahun, pada prinsipnya ini anak sekolah. Maka kita melakukan vaksinasi langsung ke sekolah. Sesuai data, ada 13.095 anak yang harus diberi vaksinasi," ucapnya.

Editor: Gokli