Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadinkes Karimun Sebut Campak Rubella Sangat Berbahaya dan Bisa Berakibat Kematian
Oleh : Wandy
Rabu | 01-08-2018 | 16:28 WIB
suntik-rubella1.jpg Honda-Batam
Penyuntikan vaksin rubella kepada siswa SMPN 2 Tebing Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Penyakit campak mungkin tidak asing lagi didengar oleh masyarakat, namun berbeda dengan penyakit rubella. Sebab kurangnya informasi maka progran vaksinasi rubella yang dicanangkan pemerintah sedikit terkendala.

Untuk diketahui rubella ini merupakan penyakit lebih bahaya dari campak sebab salah satu penyakit infeksi virus akut yang sangat menular. Melalui butiran liur yang dikeluarkan penderita melalui bersin atau batuk dapat menular, lalu berbagai makanan dan minuman dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita dapat menular.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan bahwasanya measles/campak rubella (MR) sangat berbahaya dan mudah tertular yang berakibat pada kematian.

"Panyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, radang otak, dan radang paru-paru yang berujung pada kematian. Dan penyakit ini belum ditemukan obatnya," kata Rachmadi, Rabu (1/8/2018) pagi.

Dia juga mengatakan, dalam kampanye MR yang merupakan program skala nasional itu dapat mencapai eliminasi campak dan Rubella pada tahun 2020 mendatang guna memutuskan transmisi penularan virus tersebut.

Editor: Yudha