Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Tanjungpinang Go To School
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 27-07-2018 | 18:54 WIB
masuk-sekolah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sat Lantas Polres Tanjungpinang penyuluhan tentang pemahaman dan pengetahuan cara berlalu lintas yang baik kepada pelajar di Lapangan SMKN 1 Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sat Lantas Polres Tanjungpinang Police Go To School dengan memberikan penyuluhan tentang pemahaman dan pengetahuan cara berlalu lintas yang baik kepada pelajar di Lapangan SMKN 1 Tanjungpinang, Jumat (27/7/2018).

Pemahaman dan pengetahuan cara berlalulintas yang baik dan benar pada usia remaja sangat dibutuhkan dalam mencegah pelanggaran yang akhirnya menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Hal itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui KBO Lantas Iptu Ahmad Saputra yang didampingi Kanit Laka Ipda Ridwan memberikan sosialisasi kepada pelajar tentang pentingnya budaya tertib berlalulintas.

Ia menyampaikan bahwa banyaknya pelajar yang berada di Tanjungpinang kurang paham akan budaya tertib berlalu lintas.

"Diketahui banyak pelajar yang belum paham akan keselamatan jiwa mereka pada saat mengendarai kendaraan khususnya sepeda motor, yang secara kasat mata jarang sekali memakai helm," ujar Ahmad dalam rillis yang dikirim Humas Polres Tanjungpinang.

Ahmad menjelaskan helm merupakan alat pelindung yang diciptakan untuk meminimalisir benturan kepala saat terjadinya kecelakaan, dikarenakan kepala merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh manusia yang perlu dilindungi, karena tanpa otak yang berada di kepala organ tubuh tidak akan berfungsi secara baik.

"Tidak hanya itu juga di usia pelajar emosi dalam mengendalikan diri masih sangat labil dalam mengendarai kendaraan bermotor," katanya.

Menurutnya banyaknya pelanggaran dengan menerobos traffic light (lampu pengatur arus lalu lintas), hal ini lah yang menyebabkan sering terjadinya kecelakaan, selain itu juga alat kelengkapan kendaraan bermotor juga sering dilepaskan, padahal kelengkapan kendaraan sangat membantu dalam berkendara.

Kelengkapan kendaraan didisain agar pengemudi maupun pengguna jalan lain dapat mengetahui arah, kondisi jalan maupun kecepatan kendaraan untuk kewaspadaan para pengemudi.

"Kami, Sat Lantas Polres Tanjungpinang yang merupakan penggerak dan pelopor keselamatan dalam berlalu lintas," ucapnya.

Untuk itu, Ahmad berharap dengan adanya sosialisasi dalam menciptakan budaya tertib berlalulintas tingkat pelanggaran dan kecelakaan di jalan akan menurun, dan para pelajar dapat secara maksimal memahami pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Editor: Gokli