Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Tangkap Perekrut Kurir Narkoba Jaringan Internasional
Oleh : Hadli
Jum\'at | 27-07-2018 | 11:28 WIB
perekrut-kurir.jpg Honda-Batam
Inilah RI, sang perekrut kurir narkoba jaringan internasional. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 20 bungkus sabu berbentuk sampul berukuran besar diamankan Polda Kepri dari seorang pelaku jaringan internasional berinisial RI di BCS Mal Baloi Batam. RI merupakan perekrut kurir narkoba untuk dibawa ke daerah lain.

"Sabu-sabu ini berat keseluruhan mencapai 1,1 kilogram. Rencananya akan dikirim ke daerah lain oleh kurir yang sudah direkrut. Cara bawanya di simpan di dalam dubur ke wilayah lain sesuai pesanan," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri Kombes Pol Yani Sudarto, Kamis (26/7/2018).

Dikatakan Yani, modus ini sudah cukup lama dilakukan tersangka bersama pengendalinya yang juga berada di Batam. Kasus ini terungkap berkat informasi dari kurir yang diamankan sebelumnya di Bandara.

"Dari informasi itu, kami segera bergerak ke BCS melakukan penangkapan. Saat itu, dia sedang bersama kakaknya dan dia mengaku mendapat barang itu setelah menerima pesanan dari pengandalinya untuk mengambil sabu ini dari kawasan Nongsa," ujarnya lagi.

Menurut Yani, awalnya RI berperan sebagai kurir. Karena setiap membawa barang ini ke luar daerah ia selalu berhasil, sehingga mendapat kepercayaan dari pengendalinya yang berada di kawasan Nongsa.

"Kami masih melacak keberadaan pengendainya. Kami juga yakin masih banyak pelaku yang berperan sebagi pengrekrut seperti RI. Untuk itu kasus ini masih kami dalami," ungkap dia.

Editor: Dardani