Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PTSP BP Batam Jadi Training Centre Penerapan OSS Wilayah Sumatera
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 19-07-2018 | 18:52 WIB
oss-sos.jpg Honda-Batam
Sosialisasi penerapan sistem pelayanan berusaha terintegrasi atau Online Single Submission (OSS). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perekonomian bertujuan menjadikan Batam sebagai sentral pelatihan bagi petugas dalam penerapan Online Single Submission (OSS) untuk wilayah Sumatera.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Persiapan OSS dari Kemenko Perekonomian, Muwasiq Muhammad Noor. "Batam akan kita jadikan training centre untuk OSS. Ini agar tidak semuanya dilakukan di kantor Kemenko," ucap Muwasiq, Kamis (19/07/2018) sebelum meninggalkan kegiatan Sosialisasi OSS di Travelodge Hotel.

Kemenko memang sudah beberapa kali menggelar pelatihan untuk penerapan OSS di Jakarta. Namun hal itu dinilai tidak efektif. Karena ada beberapa daerah yang belum ikut, ada juga yang mengirimkan pejabatnya.

Sementara pelatihan itu mestinya ditujukan untuk petugas lapangan. Makanya tempat pelatihan untuk OSS ini akan dipecah supaya lebih mudah dijangkau. Namun itu juga melihat infrastruktur yang ada di daerah.

"Kita pecah sebagian dilatih di BP Batam. Batam jadi pusat pelatihan untuk wilayah Barat atau Sumatera. Kita lihat BP Batam punya perangkat utuk pendidikan, training. Jadi bisalah digunakan untuk melatih teman-teman yang dari Karimun dan lainnya," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto mengatakan, BP Batam memang memiliki Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) yang di dalamnya terdapat kelas dengan fasilitas komputer.

"Dengan Kemenko usul BP Batam jadi pusat pelatihan untuk wilayah Sumatera, ini jadi tantangan bagi kami sebenarnya," kata Ady.

Menyinggung soal OSS, Ady mengatakan, nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) di PTSP BP Batam akan tetap diberdayakan. Terutama dalam memberikan edukasi kepada si pemohon, bagaimana alur dan tata cara pengisian lewat OSS sampai perizinan selesai.

Editor: Gokli