Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ganggu Persidangan, Soleh Usir Pendukung Mindo
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 26-01-2012 | 11:44 WIB
soleh-usir.gif Honda-Batam

Kompol M. Soleh, Kabag Ops Polresta Barelang saat berdialog dengan pendukung Mindo, sesaat sebelum mengusirnya ke luar PN Batam. (Foto: Ali/batamtoday). 

BATAM, batamtoday - Sekelompok masyarakat yang tergabung Forum Masyarakat Batam Provinsi Kepri Simpatisan Mindo yang menggelar aksi damai di depan gerbang Pengadilan Negri (PN) Batam diusir Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Muhammad Soleh. 

"Saya minta dalam waktu 5 menit bapak-bapak meninggalkan tempat ini, karena keberadaan Anda-anda di depan Kejaksaan, membuat jalannya sidang terganggu," ujar Soleh kepada Gultom, koordinator simpatisan Mindo Tampubolon, Kamis (26/1/11). 

Alasan pengusiran itu, dikatakan Soleh dikarenakan aksi yang disampaikan puluhan simpatisan menggunakan pengeras suara. Gultom awalnya bersikeras tidak mau meninggalkan lokasi. 

"Awalnya saya setuju dengan kesepakatan, tapi sekarang saya tidak setuju," kata Soleh lagi tepat di hadapan wajah Gultom. 

Akhirnya, solidaritas menyetujui untuk menyampaikan aksinya di luar Pengadilan Negeri Batam dengan membentuk barisan melalui lima spanduk yang dibentangkan memanjang. 

Sementara itu, persidangan tetap berjalan dengan lancar dan Mindo Tampubolon sempat menangis ketika dibacakan dakwaannya oleh Jaksa Penuntut Umum.