Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prancis Lolos ke Final Piala Dunia 2018, Setelah Tekuk Belgia 1-0 di Semifinal
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-07-2018 | 08:04 WIB
prancis_belgia.jpg Honda-Batam
Pemain belakang Prancis Samuel Umtiti melakukan selebrasi usai menciptakan gol ke gawang Belgia

BATAMTODAY.COM, Rusia - Pertarungan sengit dan saling menyerang dipertontonkan Prancis melawan Belgia saat pertandingan semifinal Piala Dunia Rusia 2018 yang berlangsung di Saint Petersburg, Rusia, Selasa (10/7) atau Rabu (11/7) dini hari WIB. Prancis memastikan tiket ke final setelah berhasil menyarangkan bola ke gawang Belgia.

Pada babak kedua, permainan ofensif diperagakan Prancis dan Belgia. Pada menit 50, pemain belakang Prancis Samuel Umtiti menciptakan gol melalui sundulan setelah menerima tendangan pojok dari Griezmann yang tak mampu dibendung kiper Belgia Thibaut Courtois. Prancis unggul 1-0.

Ketinggalan satu gol, Belgia coba membalas. Namun, Prancis merespons dengan serangan balik yang cepat melalui Mbappe dan Blaise Matuidi.

Belgia terus meningkatkan serangan untuk berusaha membalas ketertinggalan gol, sedangkan Prancis hanya bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. Hingga peluit ditiupkan tanda pertandingan berakhir, kedudukan tidak berubah 1-0 untuk kemenangan Prancis.

Pelatih Prancis Didier Deschamps memuji karakter tim mudanya setelah mereka lolos ke final Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Belgia 1-0

"Ini luar biasa," kata Deschamps di tepi lapangan. "Saya sangat gembira untuk pemain-pemain saya, kami memperlihatkan karakter dan mentalitas yang tepat, ini sangat berat untuk kami pada malam ini. Kami bekerja keras saat bertahan."

Prancis kini berpeluang mengulang sukses 1998 saat mereka menjadi juara. Kala itu, bermain di kandang sendiri, Deschamps menjadi kapten tim Les Bleus.

Menurut Deschamps timnya sempat tertekan di laga itu. "Kami harus mengambil lebih banyak keuntungan dari serangan-serangan balik. Namun selamat kepada para pemain dan staf saya. Saya merasa sangat bangga untuk kelompok ini," kata dia.


Deschamps kini berpeluang bergabung dengan Franz beckenbauer asal Jerman dan Mario Zagallo asal Brasil, sebagai orang-orang yang pernah menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Ia senang melihat perkembangan timnya selama di Rusia. "Empat puluh sembilan hari bersama-sama, itu merupakan banyak hal, hal-hal sulit, fase grup, ini merupakan jasa semua orang," kata dia."

Tim Ayam Jantan akhirnya memastikan melaju ke final dan menanti lawan Inggris atau Kroasia yang akan bertanding pada semifinal yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Rusia, Rabu (11/7) atau Kamis (12/7) dini hari WIB.

Editor: Surya