Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dialog Ekonomi Daerah HMI Karimun

Pemkab Karimun Lakukan Pembangunan Skala Prioritas Infrastruktur Desa
Oleh : Wandy
Kamis | 05-07-2018 | 15:40 WIB
dialog-ekonomi-karimun1.jpg Honda-Batam
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Karimun gelar dialog ekonomi daerah. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun menghadiri kegiatan dialog ekonomi daerah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tanjungbalai Karimun Cabang Batam di Gedung Nasional Karimun pada Kamis (5/7/2018).

Rafiq mengatakan dalam membangun ekonomi pedesaan dalam penguatan ekonomi nasional, Kabupaten Karimun memiliki sebanyak 42 Desa. Dimana Pemkab Karimun sudah melakukan pembangunan skala prioritas infrastruktur dan sektor lainnya di setiap desa.

"Tingkat kehidupan di desa semakin baik serta pertumbuhan ekonomi pedesaan. Karena 42 desa di Kabupaten Karimun tidak ada lagi yang tertinggal apalagi terisolir," kata Rafiq saat di wawancarai.

Menurut Rafiq pertumbuhan ekonomi desa saat ini telah diperkuat dengan berbagai hal baik itu melalui dana desa, alokasi dana desa serta APBD.

"Meskipun belum menyeluruh, namun dengan adanya alokasi dana desa dan BUMDes bisa menggali potensi sumber daya alamnya sehingga menambah pendapatan ekonomi di desa tersebut," katanya

Meskipun belum semua desa di Kabupaten Karimun terbentuk BUMDes, namun pihaknya akan terus berupaya agar semua desa memiliki Bumdes. "Karena BUMDes wajib dibentuk agar bisa bergerak menjadi simpan pinjam dan membantu ekonomi kreatif," katanya

Dimana pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten berkomitmen memberikan pendampingan sehingga kelengkapan instrumen pembangunan desa dapat terselesaikan.

"Kalau di desa itu sudah kuat ekonominya, mungkin akan terjadi subsidi silang dalam penerapan pembangunan kedepan. Sebab Pemerintah Daerah melihat ada desa-desa yang belum tercapai penguatan ekonominya dan harus didorong lagi dengan APBD," ujar Rafiq mengakhiri.

Editor: Yudha