Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bacaleg Karimun Ikuti Tes Kesehatan di RSUD HM Sani
Oleh : Wandy
Rabu | 04-07-2018 | 17:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bakal Calon Legislatif Karimun mengikuti tes kesehatan di RSUD M Sani pada Rabu (4/7/2018).

Bacaleg ini tidak memiliki persiapan khusus bahkan dari mereka mengaku pasrah jika hasilnya tidak baik. Hal tersebut disampaikan Boy Zulfikar, salah seorang bacaleg dari Partai Gerindra usai menjalani tes kesehatan.

"Kita ikutin saja aturan yang ada. Kalau dinyatakan sakit dan memang dimundurkan dari partai ya ikut saja," kata Boy.

Di tempat yang sama salah seorang Bacaleg Partai Gerindra Yusriana Susanti mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi tes. Namun menurutnya cukup memakan waktu adalah psikotes yang memiliki soal tertulis lebih dari 500 soal.

"Untuk kesehatan kita setiap hari olahraga, jadi tidak ada persiapan khusus. Cek urine pun kita tidak pakai narkoba. Tesnya saja yang lama, soalnya 500 lebih soal," kata Yusriana.

Berdasarkan ketentuan, bacaleg harus mengikuti tes kesehatan, narkoba dan kejiwaan yang dapat diselesaikan dalam satu hari.

Dan para bacaleg dites secara kolektif melalui partai peserta pemilu. Dimana setiap orangnya dikenai biaya sebesar Rp455 ribu. Hasil tes tersebut akan diserahkan ke partai.

Sementara pihak RSUD M. Sani Kabupaten Karimun pihaknya menerima sebanyak 576 bacaleg. Dan pihak rumah sakit telah melakukan tes terhadap 200 lebih caleg.

"Jumlah pastinya kita belum tau karena saat ini masih ada yang tes. Tapi mungkin sudah setengah dari totalnya. Dan untuk tes kesehatan dijadwalkan hingga 17 Juli 2018 mendatang, namun jadwal tersebut dapat diperpanjang," ujar Zulhan.

Editor: Yudha