Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Koarmada I Latih Prajurit TNI dan Masyarakat Mengolah Rumput Laut
Oleh : Redaksi
Senin | 02-07-2018 | 09:52 WIB
rumput-laut1.jpg Honda-Batam
Pelatihan dan pengolahan rumput laut yang diadakan Kormada I di Pulau Nguan, Galang Baru, Batam. (Tribun Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah personel TNI dan masyarakat mengikuti pelatihan dan pengolahan rumput laut yang diselenggarakan Pangkalan Armada I. Kegiatan digelar di Kawasan Pelabuhan Wisata Coral Pulau Nguan, Galang Baru, Batam, Kamis (28/6/2018).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono, dihadiri Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla Koarmada I, Wadanlantamal IV, Paban 3 Ster TNI, Paban 6 Spotmar Kasal dan Sekdispotmar, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepri serta Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud upaya TNI AL (Koarmada I) dalam rangka memacu pemanfaatan potensi maritim, guna membantu menangani permasalahan ketahanan pangan khususnya di Kepulauan Riau.

Budidaya rumput laut sekaligus pembimbingan pengolahannya menjadi produk olahan siap ekspor, dikatakan Pangkoarmada I, sebagai wujud nyata dari apa yang diupayakan TNI AL, disamping untuk menciptakan peluang bagi TNI/TNI AL dan masyarakat dalam menciptakan kemandirian permanen dalam kehidupan itu sendiri.

"Hal ini juga dapat membantu Pemerintah dalam menangani permasalahan rumput laut guna mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya di Provinsi Kepulauan Riau," ujar Laksda TNI Yudo Margono, demikian dilansir laman Diskominfo Kepri.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 175 peserta, terdiri dari prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU dan masyarakat nelayan sekitar pesisir. Kegiatan digelar selama 2 hari, 28-29 Juni 2018.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam empat tahap. Yaitu ceramah, diskusi, fieldtrip serta praktik.

Pada kesempatan ini Pangkoarmada I melakukan penandatanganan Prasasti Pusat Pengolahan Hasil Budidaya Rumput Laut Se-Provinsi Kepulauan Riau, meninjau sarana prasarana Pelatihan Pengolahan Rumput Laut, dan melihat demo Pengolahan rumput Laut yang dilaksanakan oleh ibu-ibu Jalasenastri dari Korcab IV Tanjungpinang dan Jalasenastri Cabang V Lanal Batam.

Dalam demonstrasi ini dipraktikkan bagaimana mengolah rumput laut menjadi sejumlah bahan olahan. Seperti mie, kerupuk, selai dan jus rumput laut. Selain kegiatan pelatihan juga digelar pelayanan kesehatan gratis bagi masyarkat sekitar dan pelayanan KB yang bekerjasama dengan BKKBN daerah.

Editor: Gokli