Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Bikin Jokowi di Atas Angin untuk 2019
Oleh : Redaksi
Sabtu | 30-06-2018 | 15:29 WIB
jokowi111.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai momen Pilkada Serentak 2018 membuat Presiden Joko Widodo berada di atas angin karena dukungan sejumlah paslon terpilih usai penghitungan cepat dilakukan.

Mereka yang langsung memberikan dukungan kepada Jokowi usai quick count dilakukan di antaranya adalah Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Keduanya diusung Nasdem, PPP, Hanura dan PKB .

Selain itu dukungan kepada Jokowi juga diberikan oleh paslon terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.

"Di Pilkada 2018 ini memang Jokowi di atas angin untuk 2019. Kalau sekarang kita lihat itu di atas angin semua, bayangin saja begitu selesai quick count itu, tuh berapa gubernur langsung: 'saya dukung Jokowi'," ujarnya di acara diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

Di sisi lain, posisi Jokowi yang kini di atas angin dinilai akan membuat sejumlah tokoh ingin menjadi calon wakil presiden untuknya. Namun tidak dengan Prabowo Subianto.

"Tapi yang jelas dengan Jokowi di atas angin ini memang akhirnya banyak tokoh yang kembali rebutan ingin jadi wakilnya Pak Jokowi, kecuali Pak Prabowo," kata Hendri.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha