Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harap Sediakan Payung Sebelum Mencoblos

BMKG Memprediksi Pilwako Tanjungpinang Besok Dilanda Hujan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 26-06-2018 | 14:16 WIB
ilustrasi-hujan1.jpg Honda-Batam
ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologo Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi pada Rabu (27/6/2018) besok atau tepat pada hari pencoblosan, Kota Tanjungpinang akan dilanda hujan.

Pantauan BMKG didasarkan pada prosepek Cuaca dari 25 Juni sampai 1 Juli 2108, di Tanjungpinang dan Bintan pada 27 Juni 2018 hingga 01 Juli akan dilanda hujan lokal dan lebat.

"Pada Kamis 27 Juli 218 wilayah kota Tanjungpinang dan Bintan akan berpotensi hujan lokal dari pagi hingga pada siang hari," ujar Kepala Stasiun BMKG Tanjungpinang, Dhira Utama, Selasa (26/6/2018).

Hal itu kata Dhira, berdasarkan analisa Dinamik Armosfer dan Diple Mode bulan Juni dasarian ke II, yang menandakan indek ENSO berada dalam kateogori Normal dan diprediksi akan tetap berlanjut sampai bulan Juli 2018.

"Aktivitas MJO yang aktif di kuadran ke 2, cukup berdampak pada aktivitas konektivitas di wilayah Indonesia bagian barat khusunya Pulau Sumatera. Selain itu, aliran masa udara didominasi angin timur hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali sekitar Sumatera Bagian Utara, masih angin barat," terangnya.

Pola siklonik tambah dia, terdapat di sekitar Pulau Nias, pertemuan angin terjadi di bagian timur Sumatera hingga laut China selatan dan timur laut Kalimantan yang mendukung pembentukan awan hujan di wilayah tersebut. Sedangkan suhu permukaan air laut di perairan pulau Bintan berkisar anatara 28-30 derajat celcius dan anomali SST dalam kondisi menghangat akan mendukung atmosfer dan lautan.

"Berdasarkan pantauan di atas, Kepulauan Riau Khususnya Bintan dan Tanjungpinang aktivitas MJO fase 2 akan memicu konvektiivitas yang cukup giat antara atmosfer dan laut," ujarnya.

Berdasarkan skala regional, juga akan berdampak pada kondisi cuaca di Bintan dan Tanjungpinang yang diperkirakan selama seminggu ke depan akan berpeluang berawan dan berpotensi terjadinya hujan bersifat lokal pada pagi hingga siang hari.

Atas prediksi BMKG tersebut, maka disaranakan pada Masyarakat pemilik hak suara, untuk mempersiapakan diri payung saat menju TPS untuk melakukan pencoblosan wali kota dan wakil wali kota pilihannya.

Editor: Yudha