Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai Bulan Depan, Pas Pelabuhan Sri Bintan Pura Naik Jadi Rp 10 Ribu
Oleh : Habibi Khasim
Jum\'at | 18-05-2018 | 19:52 WIB
Pelindo-I-Tanjungpinang1.gif Honda-Batam
GM Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjungpinang akan menaikkan tarif pas Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura terhitung tanggal 1 Juni 2018. Kesepakatan telah dibuat, kenaikan pas pelabuhan hingga 100 persen, yaitu dari Rp 5000 menjadi Rp 10 ribu.

 

Manajer Umum PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, kenaikan tarif ini sudah diajukan sejak setahun lalu dan baru mendapat persetujuan bersama pada tahun ini. Tarif pas ini nanyinya berlaku untuk penyeberangan domestik maupun internasional.

"Tetap sesuai kesepakatan bersama, naiknya Rp 5 ribu saja. Jadi tidak ada perbedaan antara domestik dan internasional untuk kenaikan tarif pas," kata Wayan, Jumat (18/5/2018).

Atas keputusan tersebut, maka terhitung 1 Juni mendatang, setiap penumpang jalur domestik via pelabuhan Sri Bintan Pura akan dikenakan tarif pas masuk sebesar Rp 10 ribu. Lalu untuk jalur internasional, penumpang lokal dibebankan Rp 40 ribu, sedangkan warga negara asing sebesar Rp 60 ribu.

"Kalau domestik sama dengan Batam. Tapi kalau internasionalnya lebih murah di sini," ujar Wayan.

Wayan berharap masyarakat bisa menerima keputusan ini. Pasalnya, kata dia, bagaimana pun pelabuhan ini mesti dijalankan dengan pertimbangan bisnis untuk alasan operasional. Kendati begitu, pelayanan optimal, peningkatan kenyamanan, perbaikan sarana-prasarana, kata Wayan, tetap jadi prioritas PT Pelindo I.

"Sehingga ada timbal-balik bersama. Kami komitmen akan terus meningkatkan pelayanan kami," pungkasnya.

Editor: Dardani