Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenlu Yakinkan 12 Negara yang Keluarkan Travel Advice Bahwa Indonesia Aman
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-05-2018 | 10:52 WIB
wamen-ln.jpg Honda-Batam
Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir. (NRMnews.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menyatakan telah memberikan penjelasan kepada negara-negara yang mengeluarkan imbauan perjalanan (travel advice) kepada warganya untuk wilayah Indonesia terkait aksi terorisme.

Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir mengatakan pihaknya telah menjelaskan kepada negara-negara itu bahwa keamanan di Indonesia sudah terkendali dan aktivitas berjalan normal seperti biasa.

"Kita mengatakan kita aman, kita aman. Semua berjalan normal bahkan di Surabaya sudah berjalan normal. Makannya pendekatan kita yang kita sampaikan adalah informasi yang kita bagi ke negara-negara dari perwakilan kita bahwa indonesia aman," kata Fachir di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (16/5/2018).

Menurut Fachir, penerbitan travel advisory yang dilakukan belasan negara adalah hal yang lumrah, karena terkait keselamatan warga negara yang bersangkutan. Hal ini juga lazim dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Terkait dengan pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, Fachir mengaku juga telah memberikan penjelasan kepada negara-negara peserta mengenai situasi terkini.

"Kita sudah jelaskan ke negara-negara tersebut. Seperti tadi saya sampaikan, kita akan tetap menyelenggarakan itu dan kita jamin keamanannya."

Sumber: CNBC Indonesia.com
Editor: Gokli