Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Imlek, IDA Ingatkan Penduduk Singapura Waspada Cyber Crime
Oleh : Chanel News Asia/Mg
Senin | 16-01-2012 | 11:33 WIB
Cyber_Crime.jpg Honda-Batam

Cyber Crime. Foto: Ilustrasi

SINGAPURA, batamtoday - Infocom Development Authority (IDA) mengingatkan penduduk Singapura agar segera memproteksi akun email dan Facebook terutama menjelang perayaan Imlek. Perusahaan keamanan cyber yang berbasis di Singapura itu mencatat banyak penipuan yang terjadi dilakukan dimuali dengan meretas email serta akun jejaring sosial.

"Bagi penduduk Singapura yang akan bepergian ke Negara lain, harap segera mengaktifkan keamanan email dan akun jejaring sosial seperti facebook," kata Kepala Keamanan IDA, Chai Chin Loon, Senin(16/1/2012).

Dijelaskan Chai Chin Loon, selama ini moment besar seperti Imlek biasanya penduduk Singapura memilih berlibur ke luar negeri. Kesempatan tersebut dimanfaatkan peretas untuk mengambil alih akun email dan Facebook, kemudian mengirimkan pesan tipuan yang mengabarkan bahwa pemilik aku tersesat di Nigeria, Spanyol atau Al Jazair. 

"Pesan tersebut disampaikan ke sanak saudara yang terdaftar di email target, dan kemudian meminta mengirim sejumlah uang. Modus seperti ini sering ditemukan saat perayaan hari besar seperti Imlek, karenanya semua warga Singapura harap memastikan bahwa akun email dan jejaring sosial mereka telah terproteksi," jelasnya seperti dikutip dari Chanel News Asia.

Untuk pelayanan keamanan tersebut, IDA meluncurkan website Assurity yang dapat diakses seluruh penduduk Singapura. Dengan Log in ke www.assurity.sg pengguna di Singapura akan dituntun untuk mengaktifkan keamanan dua lapis yang memastikan bahwa akun mereka tetap terjaga selama liburan.