Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terkait Insiden Pembobolan Rekening di Singapura

OCBC Siap Terapkan Pengamanan Transasksi ATM
Oleh : Roni/Mg
Jum'at | 13-01-2012 | 11:03 WIB
OCBC.jpg Honda-Batam

Salah satu kantor OCBC di Singapura. Foto:batamtoday

SINGAPURA, batamtoday - Pasca insiden pembobolan rekening milik nasabah DBS, sejumlah Bank di Singapura mulai mengambil langkah strategis untuk pengamanan rekening nasabahnya. OCBS salah satu Bank terkemuka di negeri itu misalnya, dalam waktu dekat bank ini akan menerapkan sistem pengamanan baru yang menjamin keamanan dana milik nasabahnya.

Salah satu sistem yang rencananya akan diterapkan di OCBS diantaranya, nasabah akan diberi kebebasan untuk mengambil opsi terkait transaksi ATM di luar negeri. Nasabah dapat menentukan apakah mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi di luar negeri. 

"Termasuk mempertimbangkan pengiriman SMS peringatan kepada nasabah jika terjadi transaksi terjadi luar negeri," kata Pranav Seth, Direktur OCBC dari E-Bisnis, dalam respon pertanyaan email ke media,Jum'at(13/1/2012).

OCBC mengatakan hingga kini belum menerima keluhan dari nasabahnya terkait dengan insiden pembobolan ATM yang sempat mencuat pekan lalu. 

"Kami telah menginstal software anti-skimming pada semua ATM OCBC sejak Juli 2007. Sistem ini selalu aktif dan tidak pernah dimatikan. Tidak hanya itu, kami juga memeriksa software itu secara berkala untuk memastikan sistem dapat bekerja secara maksimal," kata Seth.

OCBC juga mengatakan bahwa, dalam insiden seperti yang diberitakan media sepakan terakhir, Bank akan siap untuk bertanggungjawab sepenuhnya.

"Kami terus melakukan pemantauan untuk mendeteksi ancaman baru dan meningkatkan pertahanan OCBC. Kami secara aktif bekerja pada tingkat industri untuk lebih meningkatkan keamanan nasabah,"tuntasnya.