Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Makanan Ini Mampu Lindungi Kulit dari Sinar Matahari
Oleh : Redaksi
Sabtu | 05-05-2018 | 11:04 WIB
semangka-utk-kulit.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Wanita memegang semangka. (shutterstock.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sinar ultraviolet dari matahari bisa membuat kulit rusak. Sebab itu, kita dianjurkan menggunakan tabir surya setiap hari, meski cuaca mendung atau tidak keluar rumah.

Selain menggunakan produk kecantikan, kita bisa menjaga kulit dari sinar matahari dengan asupan makanan tertentu.

Mengutip Boldsky, ada 9 makanan yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Berikut ini rinciannya.

1. Teh hijau

Teh hijau dikenal dengan khasiat untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah berbagai penyakit, termasuk menjaga kondisi kulit. Kandungan antioksidan yang disebut EGCG dalam teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang tak terhingga. Zat ini menghentikan kerusakan sel-sel kulit yang terkena sinar ultraviolet matahari.

2. Tomat

Tomat mengandung antioksidan dan lycopene. Lycopene, bersama dengan Vitamin C, memberi warna merah pada tomat yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Tomat juga bisa mencegah sinar ultraviolet menembus kulit.

3. Stroberi

Selain rasanya yang enak, buah ini juga kaya vitamin A, B, dan C. Vitamin C membuat kulit terhidrasi dan kandungan anthocyanin pada stroberi membantu memblokir paparan sinar ultraviolet ke kulit. Anthocyanin merupakan senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan buat kulit.

4. Cokelat

Biji kakao yang menjadi bahan dasar cokelat mengandung flavonoid kadar tinggi. Flavonoid bertugas melindungi kulit dari sinar matahari, terutama mencegah kulit terbakar.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan sayuran yang berwarna hijau gelap, mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas dari sinar matahari.

6. Omega 3

Makanan kaya omega 3 seperti minyak ikan, selada, dan biji chia mampu mencegah jerawat, mengencangkan kulit, serta membuat kulit lebih cerah. Omega 3 juga mampu menurunkan risiko kanker karena mencegah radikal bebas dari sinar matahari yang merusak kulit.

7. Mentimun

Mentimun mampu menghidrasi dan menenangkan kulit. Rasanya yang adem membuat kulit rileks sekaligus meningkatkan kelembapannya. Sifat ini mampu melawan rasa panas dan kering yang terpancar dari sinar matahari.

8. Semangka

Buah ini banyak mengandung air dan kaya antioksidan. Sebagaimana mentimun, semangka juga mampu menghidrasi dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet sinar matahari.

9. Wortel

Selain bermanfaat untuk mata, unsur beta-karoten pada wortel juga mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli