Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Dihindari
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 04-05-2018 | 12:40 WIB
kulit-kering-il.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Punya kulit yang superkering itu tidak sehat dan membuat penampilan kusam. Sebenarnya, apa penyebab kulit yang terlalu kering?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit terlalu kering, selain alasan keturunan. Berikut lima di antaranya.

1. Terlalu sering mencuci muka

Terlalu sering mencuci muka dengan pembersih atau sabun akan mengangkat kelembaban alami kulit. Hal ini juga berlaku pada kulit tubuh. Jadi, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci muka, apalagi kalau kulit pada dasarnya bertipe kering.

2.Mengunakan air yang terlalu panas

"Terkena air panas secara berlebihan dapat mengupas kulit dari minyak esensial yang menyebabkan iritasi dan peradangan," kata Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Medical Center di Amerika Serikat kepada SELF.

3. Terlalu sering melakukan pengelupasan

Melakukan pengelupasan memang penting untuk menyingkirkan kulit mati, tapi tak boleh terlalu sering. Para ahli menyarankan untuk melakukan pengelupasan maksimal dua kali seminggu. Kalau untuk kulit kering bahkan kurang dari itu.

4. Kurang minum

Kurang minum memang menjadi salah satu penyebab kulit jadi superkering. Minum cukup dan terhidrasi setiap hari agar kulit juga tidak kusam.

5. Memakai pelembab di waktu yang salah

Tak hanya harus memilih jenis yang tepat, kita juga harus menggunakan pelembab di waktu yang tepat. Gunakan pelembab saat kulit masih lembab. Waktu yang tepat adalah setelah mengeringkan kulit dengan handuk sehabis dicuci.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli