Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua MPR Sebut BUMD Miliki Peran Penting dalam Perekonomian di Daerah
Oleh : Irawan
Jum\'at | 04-05-2018 | 09:16 WIB
zulkifli_bumd1.jpg Honda-Batam
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat memberikan sambuta di ajang penghargaan Top BUMD Award 2018 di Balai Kartini Jakarta

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut peran badan usaha milik daerah (BUMD) sangat penting dalam perekonomian di daerah. Perusahaan daerah yang sehat bisa jadi alat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya yakin dan percaya, kalau BUMD sehat, bisa terwujud kesejahteraan untuk rakyat," tegas Ketua MPR saat memberikan sambutan di ajang Penghargaan Top BUMD Award 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5/2018) petang.

Menurutnya, filosofi berbangsa yang terkait dengan BUMD adalah bangsa Indonesia merdeka agar bisa bersatu, bersatu agar bisa berdaulat, berdaulat agar bisa berlaku adil, dan berlaku adil agar sejahtera semuanya. Meski begitu, kata dia, dalam praktiknya sering kali terjadi inkonsistensi antara konstitusi dan Pancasila dengan peraturan pemerintah sampai peraturan daerah.

"Misal sudah ditetapkan dalam UUD bahwa dalam memajukan ekonomi, kekayaan alam dikuasai negara dan digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Di sinilah peran BUMD muncul," ujar Zulkifli.

Zulhasan mengungkapkan, BUMD seharusnya menjadi terjemahkan amanah UUD tersebut dalam aksi nyata kepada rakyat.

"Inilah tantangan pemerintah daerah dan BUMD membangun ekonomi daerah yang sejalan dengan konstitusi," tandasnya.

Penghargaan Top Pembinan BUMD 2018 juga diberikan kepada para kepada kepala daerah lain, baik gubernur, bupati dan walikota. Penghargaan ini juga diberikan kepada ratusan BUMD di seluruh Indonesia berdasarkan Kategori Top Sektor Bisnis yaitu Bank Daerah, BPR & BPRS, PDAM, Pasar, Jamkrida, Aneka Usaha, Kategori Khusus, Kategori Improvement, Kategori Best of The Best BUMD, Kategori Top CEO BUMD dan Kategori Top Pembina BUMD.

Editor: Surya