Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lantamal IV Tanjungpinang dan Lanal Batam Perbaiki Sarana Umum dan Beri Pengobatan Gratis
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 02-05-2018 | 19:40 WIB
lantamal-dan-lanal-batam.jpg Honda-Batam
Kadispotmar Mabesal, Brigadir Jendral TNI (Mar) Bambang Sutrisno (baret merah) bersama rombongan mengecek kegiatan pengecekan kesehatan (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lantamal IV Tanjungpinang bersama Lanal Batam melakukan kegiatan pembinaan masyarakat di Mesjid Nurul Hidayah, Perumahan Rhabayu RW 12 Kelurahan Patam Lestari, Sekupang.

Kegiatan ini memiliki tema "Melalui pembinaan desa pesisir dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut seta mewujudkan semangat masyarakat dalam membangun kembali budaya maritim Indonesia tahun 2018".

Pelaksaan kegiatan ini, ditandai dengan pemberian bantuan secara simbolis kepada masyarakat dan sekolah di halaman Mesjid Nurul Hidayah, Rabu (2/5/2018) sore.

Kadispotmar Mabesal, Brigadir Jendral TNI (Mar) Bambang Sutrisno, yang hadir mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) mengatakan, ini merupakan bentuk bakti sosial yang dilakukan untuk daerah yang berada di wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang.

"Ini merupakan bentuk bahwa TNI AL juga ada untuk masyarakat. Kegiatannya sudah dilakukan dari beberapa hari yang lalu, namun pembukaannya baru dilakukan hari ini," ungkap Bambang, usai kegiatan.

Dijelaskan, ada dua jenis kegiatan yang dilakukan, berupa kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik, yakni melakukan perbaikan tempat ibadah, jalan, membersihkan lingkungan serta melakukan perbaikan sarana umum lainnya.

Sementara kegiatan non fisik meliputi penyuluhan tentang bahaya narkoba, pengetahuan tentang kemaritiman serta penyuluhan kesehatan.

"Kegiatan seperti ini sudah dilakukan di dua daerah yang masuk wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang. Pagi tadi di Tanjungbalai Karimun dan sore ini di Batam," jelasnya.

Dengan dilakukannya kegiatan tersebut, lanjut Bambang, diharapkan masyarakat bisa lebih mengetahui tentang wilayah kemaritiman dan bisa menjaga kebersihan.

"Daerah kemaritiman tentu identik dengan laut. Di sini kita mengajarkan bagaimana masyarakat bisa menjaga kebersihan di lingkungan dan tidak membuang sampah ke laut, sehingga kebersihan laut kita terus terjaga. Manfaatnya tentu akan dirasakan oleh kita semua," pungkasnya.

Editor: Udin