Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Jadi ke-11, Desa Kudung Gelar Pasar Sepekan
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 02-05-2018 | 11:52 WIB
pasar-sepekan.jpg Honda-Batam
Pasar sepekan di Desa Kudung saat dihadiri Wabup Lingga pada pembukaannya, Senin (30/4/2018) lalu (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Desa Kudung menggelar kegiatan pasar sepekan untuk memperingati hari jadi yang ke-11 pada tahun 2018 ini. Pasar sepekan berupa pasar yang mempromosi sejumlah produk-produk khas desa.

Kepala Desa Kudung, Amran mengatakan, kegiatan pasar sepekan dilaksanakan berkerjasama dengan Karang Taruna setempat. Selain itu juga mendapat dukungan dari pihak Kecamatan Lingga Timur termasuk hadirnya Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar pada saat pembukaan, Senin (30/4/2018) lalu.

"Kita tampil dan jual hasil olah tangan masyarakat sini. Jadi ini yang pertama kita lakukan sempena ulang tahun Desa Kudung ke-11," kata dia kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (2/5/2018).

Beberapa kreasi makanan ditampilkan dalam pasar ini. Salah satunya makanan yang berasal dari olahan sagu.

"Di sini ada khas makanan dari ibu-ibu yang diolah dari bahan dasar sagu. Seperti sagu lenggang goreng dan cendol," ujarnya.

Ia mengaku inisiatif kegiatan pasar sepekan berawal dari ide beberapa masyarakat desanya. Kemudian ide ini didukung oleh pihak kecamatan serta pemuda Karang Taruna setempat.

Pasar ini juga dilangsungkan selama satu minggu ke depan dengan bermacam-macam perlombaan dan penampilan seni tradisi, kreasi dan kultum di panggung utama lapangan sepak bola dusun I Desa Kudung.

"Kalau ulang tahun desa, kami agendakan tiap tahun, cuma kalau kegiatan memeriahkannya, tergantung kesepakatan bersama masyarakat," ungkap Amran.

"Kita harap kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi misalnya pendapatan rumah tangga ibu-ibu di Desa Kudung. Karena kalau ramai, pasti ada yang laku terjual," tambahnya.

Editor: Gokli