Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Jenis Asam Urat yang Patut Anda Ketahui dan Waspadai
Oleh : Redaksi
Minggu | 29-04-2018 | 11:04 WIB
asam-urat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi asam urat

BATAMTODAY.COM - Penyakit asam urat memang telah menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Penyakit yang kerap muncul dengan gejala-gejala yang menyakitkan. Asam urat pun dapat tergolong ke dalam masalah serius karena keteledoran penanganannya.

Asam urat pun dapat meningkat oleh beberapa hal, seperti lingkungan dan keturunan. Namun, banyak yang menduga, jika penumpukan purin tersebut dihasilkan oleh beberapa jenis makanan dengan kadar purin tinggi. Dan naiknya kadar purin tersebut merupakan penyebab utama dari timbulnya penyakit asam urat.

Selain menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan dan kemerahan di sekitar sendi. Pada bagian asam urat yang sudah akut pun akan memunculkan benjolan topfi yang merupakan kristal hasil dari penumpukan tadi. Berikut tiga jenis asam urat:

Asam Urat Asthritis Akut
Asam urat jenis ini dapat berupa timbulnya peradangan, kemerahan, rasa panas dan nyeri pada bagian persendian. Sensasi rasa yang ditimbulkan pun tak terduga, bisa pada malam hari dan akan sembuh kembali dalam waktu yang singkat. Akibatnya, penderita pun tak dapat berjalan, merasa lelah, menggil hingga demam. Dan bila tidak segera diobati, gejala tidak sembuh dengan serangan lebih dari beberapa minggu.

Asam Urat Interkritikal
Di tahap ini berbeda dengan sebelumnya. Penderita di tahap ini jarang sekali merasakan sakit atau nyeri pada persendian. Namun akan ditemui adanya benjolan yang timbul hasil pengkristalan asam urat yang disebut dengan benjolan tofi. Biasanya, benjolan ini dapat ditemui terutama pada lutut dan siku, ataupun di helik daun telinga. Dan jika tidak segera ditangani akan menimbulkan peradangan yang berlanjut.

Asam Urat Kronis
Pada jenis asam kronis, akan muncul apabila penderita jarang mengontrol kadar asam urat di dalam tubuhnya. Atau karena penderita tidak melakukan pengobatan secara teratur. Selain menimbulkan gejala berupa benjolan tofi dan tidak terasa nyeri. Namun asam urat jenis ini dapat menghambat pergeraakan sendi hingga menyebabkan deformitas atau kelainan pada kaki dan tangan.

Itulah sekilas artikel mengenai penjelasan penyakit asam urat. Serta beberapa jenis asam urat kronis yang sangat penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Editor: Surya