Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

JK: Kasus Gayus Dibongkar Bisa Kurangi Korupsi
Oleh : Taufik/Tunggul Naibaho
Kamis | 13-01-2011 | 13:21 WIB

Jakarta, batamtoday - Meski terbongkarnya kasus Gayus Tambunan dinilai beberapa kalangan dapat mengguncangkan negara ini, tetapi tidak demikian dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia justru beranggapan dengan dibongkarnya kasus Gayus maka akan berdampak baik.

"Saya kira ini memberikan dampak yang baik, kalaupun terbongkar. Artinya, korupsi akan berkurang." kata Jusuf Kalla saat ditemui di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (12/1).

Sebelumnya ketua Komisi III, Benny K Harman telah mengakui kalau mantan Kapolri Bambang Herdarso Danuri pernah menyatakan bahwa jika kasus Gayus diungkap maka bisa mengguncang negara. JK beranggapan dengan semakin banyaknya kasus Gayus yang terungkap ke permukaan maka dapat membongkar siapa mafia dibalik kasus ini.

"Kalau Gayus terbongkar, ketahuan, punya siapa, imbalannya siapa.Itu kan bagus buat negeri ini," tandasnya.

Sementara ketika ditanya apakah ia setuju jika KPK mengambil alih kasus Gayus. Ia mengatakan dalam undang-undang telah disebutkan suatu masalah besar ditangani KPK.

"Kalau masyarakat ini menganggap masalah ini masalah besar, ya sepantasnya KPK," imbuhnya.

Seperti diketahui meski kasusnya telah bergulir di persidangan dan telah ditahan di Rutan Mako Brimob, tetapi Gayus Tambunan masih saja dapat melenggang keluar masuk tahanan dengan mudahnya. Bahkan hingga keluar negeri, seperti Singapura, Macau dan Kuala Lumpur. Kasus kepergian Gayus ini sendiri saat ini tengah dalam proses peyelidikan di Mabes Polri.