Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Upaya Percepat Pengurusan Izin Peralihan Hak

BP Batam Berencana Tambah Jumlah SDM untuk Bagian Lahan
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 14-04-2018 | 11:04 WIB
lukita-tanam-pohon.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo saat melakukan penanaman pohon, beberapa saat lalu. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana menambah jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bagian kantor lahan dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Beberapa hal yang tertunda pada dua tahun lalu, salah satunya adalah mengenai pelayanan publik. Hal ini saya rasa menjadi salah satu jawaban," ungkap Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Jumat (13/4/2018).

Permasalahan mengenai lahan, diakui hingga saat ini masih mendapatkan komentar negatif dari masyarakat Batam. Sehingga untuk menangani hal tersebut pihaknya melakukan penyederhanaan pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH).

"Awalnya ada 17 perizinan dan sekarang tinggal tiga, namun itu masih terkendala waktu penyelesaiannya selama satu minggu. Sekarang kita sedang tingkatkan dan lakukan upaya ini, serta sarana dan prasarana sehingga bisa selesai 2-3 hari saja," katanya.

Selain IPH, permohonan mengenai Surat keputusan (Skep) dan Surat perjanjian (SPj) saat ini menumpuk sekitar dua ribuan berkas di BP Batam. Hal ini kemudian menjadi pertimbangan BP Batam untuk melakukan penambahan SDM.

"Langkah ini dilakukan untuk memperoleh pertumbuhan ekonomi tujuh persen dalam dua tahun," ujarnya.

Selain itu, BP Batam juga akan melakukan pelatihan kembali kepada para karyawannya untuk dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. "Kami juga berharap agar para pengusaha, untuk segera lakukan pembangunan di lahan yang telah dialokasi. Jangan terlalu lama ditidurkan, atau kami akan tarik kembali," tegasnya.

Editor: Gokli