Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Pertama Diakreditasi, RSUD Tanjungpinang Langsung Dapat Bintang 3
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 14-04-2018 | 08:28 WIB
RSUD-Tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Dr Edi Sobri saat memeriksa calon jemaah haji belum lama ini (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan pada Desember 2017 telah melakukan penilaian untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjungpinang. Ada 3 orang tim penilai yang hadir dan saat itu mantan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah pun turut hadir sebagai koresponden.

Namun, hasil yang didapat tidak terpublikasi oleh media dan Direktur RSUD Tanjungpinang, Edi Sobri, akhirnya mengaku bahwa hasil akreditasi yang dilakukan tersebut, RSUD hanya mendapat bintang 3.

Kendati demikian, menurut Edi, itu sudah merupakan suatu kebanggaan, karena menurut pengakuannya, RSUD Tanjungpinang baru pertama kali dilakukan akreditasi dan langsung mendapat bintang 3.

"Ya ini sebuah kemajuan dan kebanggaan, karena baru pertama kali diakreditasi kita dapat bintang 3," tutur Edi saat diwawancarai, Jumat (13/4/2018).

Menurut pengakuan Edi, RSUD Tanjungpinang pernah diakreditasi, namun bukan menyeluruh, hanya 4 bagian saja.

"Dulu pernah diakreditasi 4 bagian; IGD, Poli, Medical Recording dan Badan Tata Usaha. Sekarang 15," terang Edi.

Akreditasi ini, sambungnya, bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan standar yang harus dipenuhi Rumah Sakit.

Edi mengaku memang butuh usaha ekstra untuk mendapatkan target, yaitu penilaian Paripurna seperti yang telah didapatkan oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Tanjungpinang. Untuk itu, dia berambisi untuk mengajukan kembali akreditasi pada Bulan Desember mendatang, "Agar peringkat dapat naik," katanya.

Editor: Udin