Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Manfaatkan Pertumbuhan Ekonomi Global Dorong Investasi Orientasi Ekspor
Oleh : Suci Ramadhani
Jumat | 13-04-2018 | 18:04 WIB
rakor-bi2.jpg Honda-Batam
Rapat kordinasi pemerintah, pemerintah daerah dan Bank Indonesia di Radisson Hotel Batam. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah akan memanfaatkan iklim perdagangan dunia yang mulai membaik, menjadi momentum untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menyampaikan hal itu dalam Rapat koordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda BI), yang digelar di Hotel Radisson Batam, Jumat (13/4/2018).

"Kita harus meningkatkan ekspor kita pada tahun mendatang dengan memanfaatkan iklim perdagangan dunia yang mulai membaik," ujar Darmin Nasution.

Saat ini, lanjut Darmin, negara-negara di sekitar Indonesia, seperti Malaysia, Vietnam, dan Filipina telah memanfaatkan pertumbuhan ekonomi global tersebut. Karena itu, Indonesia harus memanfaatkan pertumbuhan tersebut.

"Bisa ketinggalan kita, karena itu cara yang betul mendorong investasi orientasi ekspor," tegas Darmin Nasution.

Sementara Gubernur Kepri Nurdin Basirun, mengatakan, Provinsi Kepri merupakan daerah yang strategis, terletak berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia. Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan akan ada langkah-langkah strategis untuk memulihkan ekonomi Kepri.

Saat ini, Kepri tengah gencar mengembangkan sektor pariwisata untuk meningkatkan ekonomi. Dan, Presiden Joko Widodo juga tengah mengenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia.

"Karena Kepri memiliki keaneragaman tiap daerahnya, misalnya Kota Batam dengan industrinya, Natuna dan Anambas dengan pariwisatanya. Ini adalah kesempatan kita menuju ekonomi yang lebih baik," ujar Nurdin.

Editor: Dardani