Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahas Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor

Hari Ini, Tiga Menteri Rakor Bersama Pemerintah Pusat dan Daerah serta BI di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 13-04-2018 | 08:52 WIB
rakor-bi.jpg Honda-Batam
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir (kanan) dan Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo (tengah) (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia (BI) akan menyelenggarakan rapat koordinasi bersama pemerintah pusat dan daerah (Rakorpusda) yang ke-15, Jumat (13/04/2018), di Hotel Radison, Batam.

Rakor tersebut dijadwalkan akan dihadiri tiga menteri dengan mengusung tema 'Pengembangan Industri Berorientasi Ekspor Melalui Perluasan Akses Pasar dan Optimasi Kawasan Industri'.

"Rakor BI bersama Pemerintah Pusat dan daerah ini sudah digelar sejak 2003 lalu. Ini digelar yang ke-15 kalinya," ujar Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, di Hotel Radison, Kamis (12/04/2018) sore.

Rakorpusda akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan serta Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Kepala BP Batam dan Wali Kota Batam. Direncanakan, Gubernur BI Agus DW Martowardojo akan memimpin langsung Rakorpusda tersebut.

Dody mengatakan, forum pembahasan ini tidak hanya sekadar berwancana. Tapi sudah langsung mebahas pokok-pokok konflik guna mengambil solusi. Karena permasalahan cenderung salalu berulang, dari satu pembahasan ke pembahasan berikutnya.

"Rakorpusda adalah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Ini bukan semata-mata membahas permasalahan yang terjadi di sini, tapi ini bersifat nasional dengan solisi yang diberikan pemerintah. Ini juga bisa dilakukan di daerah lain, contohnya masalah regulasi," ujarnya.

Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengungkapkan Rakorpusda ini merupakan salah satu rapat guna memetakan permasalahan yang ada di pusat maupun daerah.

"Bank Indonesia bersama Menko Perekonomian mengajak pemerintah daerah untuk memetakan permasalahan. Apa yang terjadi, serta bagaimana mempercepat pertumbuhan industri ekspor. Besok Menko yang akan menjelaskan langsung," pungkasnya.

Editor: Udin