Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ilmuwan NASA Kembali Temukan Planet Baru
Oleh : Magid
Kamis | 13-01-2011 | 11:19 WIB
Kepler_1801509c.jpg Honda-Batam

Kepler-10b, mengorbit pada sebuah matahari di luar tata surya. Planet ini sendiri memiliki ukuran kurang lebih 1,4 kalu ukuran Bumi

Washington DC, batamtoday - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), kembali menemukan satu objek planet baru yang diharapkan menjadi satu tonggak perkembangan positif dalam explorasi dan pencarian planet yang mirip dengan Bumi.

Planet baru ini diberi nama Kepler-10b. Objek pertama kali terlihat oleh teleskop ruang angkasa NASA beberapa waktu lalu. Menurut para Ilmuwan, planet tersebut memiliki suhu lebih dari 1.370 C (2500 F), yang cukup panas untuk melelehkan besi.

Laman resmi NASA mempublikasikan sejumlah gambar Kepler-10b, Kamis (13/01/2011).

"Kepler-10b, mengorbit pada sebuah matahari di luar tata surya kita. Planet ini sendiri memiliki ukuran kurang lebih 1,4 kalu ukuran Bumi, dan berputar pada matahari terdekat satu putaran per hari," kata Ilmuwan NASA, Douglas Hudgins, dikutip batamtoday dari laman resmi Badan Antariksa Amerika itu.

Menurut Douglas, penemuan planet kecil di luar tata surya kali ini merupakan perkembangan yang membanggakan dalam misi pencarian planet baru bagi penduduk Bumi untuk masa mendatang.

"Meski secara fisik, keadaan suhu yang sangat extrim dan bisa dikatakan Kepler-10b tidak layak huni, namun penemuan ini merupakan langkah penting dalam misi pencarian planet yang mirip dengan Bumi," Jelasnya.