Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Cabai dan Bawang di Pasar Sagulung Melonjak
Oleh : Suci Ramadhani
Jum\'at | 06-04-2018 | 08:40 WIB
bawang-merah-suci.jpg Honda-Batam
Harga bawang merah dan cabai di Pasar Basah Sagulung naik. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Batam mulai merangkak naik. Bahkan, ada dua komoditas yang harganya naik sangat signifikan, yakni bawang dan cabai.

Seperti yang terjadi di Pasar Basah Sagulung, harga bawang putih dari Rp18 ribu naik menjadi Rp30 ribu per kilogram. Disusul bawang merah naik dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu dan bawang bombai dari Rp12 ribu jadi Rp18 ribu per kilogramnya.

"Tak ada lagi persaingan harga untuk bawang ini, semua naik, baik itu dari Jawa, Sumatera dan Malaysia," kata Iqbal, salah satu pedangang di Pasar Basah Sagulung, Kamis (5/4/2018).

Selain bawang, pedasnya harga cabai mulai menyengat. Seperti, cabai merah naik dari Rp45 ribu menjadi Rp52 ribu per Kilogramnya, sedangkan cabai hijau Rp30 ribu Rp37 ribu per Kilogram. Kemudian, cabai rawit dari Rp35 ribu jadi Rp42 ribu dan rawit setan dari Rp45 ribu jadi Rp60 ribu.

"Selain kenaikan harga, para pembeli banyak juga yang mengeluh karena pasokan sering kosong," ujarnya.

Masih kata Iqbal, imbas kenaikan harga ini membuat daya beli masyarakat turun drastis. Biasanya, kata dia penjualan per hari minimal 25 Kg, namun saat ini paling tinggi 10-12 Kg.

"Biasa saya bisa jual sampai 25 Kg, sekarang tak samapai segitu. Karena pembeli paling beli per ons, sangat jarang ada yang beli per kilo," jelasnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan para pembeli di pasar itu. Untuk mencukupi uang belanja, mereka mengakali dengan cara mengurangi jumlah pembelian.

"Kalau minggu kemarin belanja dengan Rp350 ribu sudah bisa beli kebutuhan satu minggu, sekarang dengan jumlah uang yang sama paling bisa untuk kebutuhan 3-4 hari," kata Uni, salah seorang warga yang saat itu belanja di Pasar Sagulung.

Editor: Gokli