Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesulitan Finansial, Mandala Airlines Stop Penerbangan
Oleh : Taufik/Tunggul Naibaho
Rabu | 12-01-2011 | 18:40 WIB
mandala.jpg Honda-Batam

Pesawan Mandala jenis Boeing yang digunakan maskapai penerbangan Mandala Airlines

Jakarta, batamtoday - Maskapai penerbangan Mandala Airlines terhitung mulai Kamis, 13 Januari 2010, menghentikan aktifitas penerbangan ke seluruh rute hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan akibat kesulitan finansial.

Melalui siaran pers yang dikirimkan ke batamtoday pada Rabu, 12 Januari 2010, pihak Mandala Airlines menyebutkan adanya masalah kesulitan keuangan dan pihaknya telah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

"Pengajuan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa mendatang," ujar Nurmaria Sarona, Sekretaris Perusahaan Mandala Airlines.

Dia mengatakan perusahaan membutuhkan suntikan finansial untuk melakukan restrukturisasi agar dapat memiliki posisi, serta untuk membangun merek yang jelas sehingga memperkokoh operasional perusahaan.

Herry Bakti, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, membenarkan berhentinya operasional Mandala Airlines akibat kesulitan finansial.

"Benar, mereka (Mandala Airlines-red.) telah melapor ke kita kalau mau menghentikan operasional penerbangan," kata Herry kepada wartawan.

Herry menyebutkan Dirjen Perhubungan Udara akan menahan izin rute penerbangan Mandala selama 45 hari dan akan dilakukan perpanjangan hingga 3x45 hari hingga izin itu dicabut apabila tidak melakukan aktifitas penerbangan hingga satu tahun ke depan.

Hingga kini, kata Herry, Mandala Airlines belum memberikan laporan kepada Dirjen Perhubungan Udara hingga kapan proses restrukturisasi perusahaan akan dilakukan.